Kisah Seorang Ahli Gulat yang Masuk Islam Usai 3 Kali Dikalahkan Rasulullah | Tulungagung TIMES

Kisah Seorang Ahli Gulat yang Masuk Islam Usai 3 Kali Dikalahkan Rasulullah

Jul 26, 2021 08:45
Ilustrasi gulat (depositphotos)
Ilustrasi gulat (depositphotos)

MALANGTIMES - Nabi Muhammad SAW, selalu gencar berdakwah untuk mengajak seluruh umat agar memeluk Islam. Cara berdakwah Rasulullah SAW pun beragam, mulia dari cara yang lembut hingga pernah sampai beliau bergulat untuk mengajak seorang umat memeluk Islam. Seperti apa kisahnya ?, Mari simak ulasannya ini yang diolah dari channel Tafakkur Fiddin.

Suatu hari, seorang laki-laki dari Bani Hasyim bernama Rukanah melihat Nabi Muhammad SAW berjalan sendiri menuju lembah Idam dari rumah Aisyah. Rukanah merupakan seorang penggembala kambing dan merupakan ahli gulat yang mempunyai otot kuat. Saat itu ia kemudian menghampiri nabi dan menantang nabi adu gulat. 

Baca Juga : Musim Kemarau, Layang-Layang Jadi Pilihan Mencari Hiburan

Bukan tanpa sebab Rukanah mengajak Rasulullah SAW bergulat. Ia melakukannya lantaran begitu membenci dakwah dari Rasulullah. Rukanah menghampiri Rasulullah yang melintasi lembahnya dan berkata, "Wahai Muhammad engkau yang mengumpat Tuhan kami, Al Latta dan Al Uzza. Dan engkau menyeru mengikuti tuhanmu yang  maha perkasa lagi maha bijaksana. seandainya tidak ada hubungan kekerabatan antara aku denganmu, maka rasanya tidak perlu aku berbicara sepatah katapun kepadamu untuk membunuhmu".

"Namun berdoalah kamu kepada Tuhanmu supaya dia menyelamatkanmu dariku. Aku tawarkan kepadamu satu perkara, apakah kamu dapat selamat dariku jika aku menggulatmu?. Maka berdoalah kamu pada Tuhanmu agar dia menolongmu dan aku akan berdoa pada Latta dan Uzza. Jika kamu dapat mengalahkanku, maka kamu berhak mendapatkan 10 kambingku dan silahkan kau pilih sesukamu". 

Mendengar hal itu, Rasulullah pun kemudian menyanggupinya. Keduanya pun saling mengambil persiapan. Nabi berdoa kepada Allah agar menolong beliau dan dapat mengalahkan Rukanah. Adapun Rukanah, dia juga berdoa kepada Tuhannya, Latta dan Uzza.

Pertandingan pun di mulai. Nabi segera memegang tubuh Rukanah lalu membanting tubuhnya dan menduduki dada Rukanah. Karena sudah tidak berkutik, maka Rukanah berkata, "berdirilah kamu, bukan kamu yang melakukan ini kepadaku. (Kekuatan yang hadir) adalah Tuhanmu. Sedangkan Latta dan Izza Tuhanku telah menghinakan Rukanah. Sebab, tidak ada satupun yang memalu membanting tubuhku sebelum ini".

Dengan sangat tidak sportif, Rukanah  tanpa malu meminta kepada nabi untuk mengulanginya kembali. Rukanah berkata, "Jika kamu dapat mengalahkanku lagi, maka kamu berhak mendapatkan 10 kambingku yang lain, dan silakan kamu pilih sesukamu sendiri".

Nabi pun menyanggupi keinginannya, sehingga masing-masing kembali berdoa sebagaimana pertama kali. Lalu pertandingan. Nabi segera membanting tubuh Rukanah dan beliau duduk tepat di atas Rukanah dalam posisi kuncian. 

Karena sudah tidak berkutik, Rukanah pun kembali berkata, "Berdirilah kamu, bukan kamu yang lakukan ini terhadapku. Yang melakukannya adalah tuhanmu yang maha perkasa dan maha bijaksana, sedangkan Latta dan Uzza Tuhanku telah menghinakan Rukanah. Karena tidak ada seorangpun yang mampu membanting tubuhku sebelum ini".

Baca Juga : #DewaNaCuteCouple Sempat Puncaki Trending Topic, Langsung Saingi Sinetron Ikatan Cinta

Dengan cara piciknya, Rukanah kembali meminta kepada nabi untuk mengulangi pertandingan. Dia berkata, "Mari kita ulangi lagi, jika kamu dapat mengalahkanku maka kamu berhak mendapatkan 10 kambingku yang lain, dan silakan pilih sesukamu sendiri".

Tanpa mengeluh ataupun protes, nabi menyanggupi permintaan Rukanah. Kembali keduanya berdoa masing-masing dan memulai pertandingan. Lagi-lagi Rasulullah berhasil membanting tubuh Rukanah dan duduk di atas dadanya dalam posisi kuncian.

Karena tidak bisa berkutik lagi, Rukanah kembali berkata "betapa ketidakberdayaannya dalam pertandingan gulat adalah karena Latta dan Izza sedang menghinakannya. Sementara Tuhannya Muhammad sedang memuliakannya dan memberikannya kekuatan".

Ketika Rukanah meminta pertandingan gulat kembali diulang, Nabi pun berkata kepada Rukanah. "Aku tidak menginginkan kambingmu Rukanah, aku ingin mengajakmu masuk Islam. Aku ingin menyelamatkanmu dari siksa neraka. Sebab sesungguhnya jika kamu masuk Islam, maka kamu akan selamat". Sejak saat itulah, Rukanah masuk Islam dan Rasulullah mengembalikan semua kambingnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Nabi Muhammad SAW Kisah Rasulullah SAW ahli gulat ahli gulat zaman rasulullah

Berita Lainnya