Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Perkuat Tracing Covid-19, Pemerintah Perbaiki Bug Aplikasi PeduliLindungi

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

26 - Jul - 2021, 07:58

PeduliLindungi (Foto: Play Store)
PeduliLindungi (Foto: Play Store)

INDONESIATIMES - Dalam menangani pandemi Covid-19, pemerintah akan memperbaiki bug dari aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah akan memperkuat testing, tracing dan treatment untuk menangani pandemi Covid-19 yang masih terus meningkat di Tanah Air. 

"Pemerintah tadi disampaikan terkait dengan tracing ini akan mengoptimalkan digital tracing, yaitu sistem aplikasi PeduliLindungi," kata Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga : Ruang Isolasi RS dr. Haryoto Lumajang Penuh, Sementara Tidak Terima Pasien Covid 

Airlangga menyampaikan, sistem digital tracing melalui aplikasi PeduliLindungi akan di-upgrade untuk bisa melakukan screening di mal. Nantinya sistem itu akan terhubung dengan sistem pemerintah menggunakan QR Code untuk bisa men-skrining mereka yang telah divaksin atau yang telah di tes PCR.

"Nah ini akan di-upgrade (PeduliLindungi) untuk diintegrasikan untuk melakukan screening di mal atau pun di merchant karena ini akan dihubungkan dengan sistem di Kementerian Kesehatan dan di Kominfo sehingga menggunakan QR code bisa men-screen mereka yang sudah tervaksinasi dan juga yang juga sudah di tes PCR," jelas Airlangga. 

Ia juga menyebut saat ini sistem tersebut sedang dalam tahap persiapan. Airlangga berharap dengan adanya sistem baru ini akan segera bisa diterapkan saat dilakukan pembukaan di tempat umum.

"Nah ini diharapkan pada saat nanti akan ada pembukaan di tempat-tempat umum diharapkan program PeduliLindungi ini bisa go live, bisa di siapkan," katanya.

Baca Juga : Jokowi Perpanjang PPKM Level 4, Ini Kelonggaran yang Ditetapkan

Seperti diketahui, situs PeduliLindungi.id dapat melihat sertifikat vaksin yang menjadi salah satu syarat wajib untuk dipenuhi oleh warga yang ingin bepergian di masa PPKM. Selain itu juga bisa melihat hasil negatif swab PCR bagi pelaku moda transportasi udara dan antigen bagi transportasi lainnya.

Apabila sudah melakukan vaksinasi dosis pertama atau kedua, sertifikat vaksin secara otomatis akan tersedia di aplikasi tersebut. Cara ceknya bisa melalui aplikasi atau situs di laman resminya.


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni