Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Benda Purbakala di Desa Karanggayam Ditemukan, Pemkab Blitar Lapor BPCB

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

01 - Jul - 2021, 16:35

Benda purbakala ditemukan di Desa Karanggayam.(Foto : Istimewa)
Benda purbakala ditemukan di Desa Karanggayam.(Foto : Istimewa)

BLITARTIMES - Situs purbakala diduga peninggalan zaman kerajaan kuno ditemukan di Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar telah melaporkan penemuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan.

“Kita sudah ke lokasi. Benda penemuannya sudah kita cek dan sudah kita laporkan ke BPCB,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Blitar, Hartono.

Baca Juga : Dispora Kota Blitar Bakal Kembalikan Hak Sewa Kios Stadion Supriyadi, Ini Syaratnya

Hartono menambahkan, dari kunjungan ke lokasi pihaknya membenarkan ada tiga jenis benda yang ditemukan. Masing-masing prasasti, lempengan batu seperti prasasti namun bentuknya agak berbeda, serta batu pipisan.

“Saat menyampaikan laporan, kami sampaikan pula agar laporan kami segera ditindaklanjuti. Kami minta agar BPCB segera menerjunkan tim ahli ke Karanggayam untuk melakukan identifikasi,” tukasnya.

Hartono juga menyampaikan, Disparbudpora Kabupaten Blitar mendorong agar benda bersejarah tidak dipindahkan dari tempat penemuannya. Ini dilakukan sebagai bukti jika di suatu daerah pernah ada peristiwa sejarah di masa lampau.

“Pengamanan, perawatan, dan pengembangan, menjadi kewenangan desa dan wilayah. Apalagi jika bentuknya berupa prasasti, benda itu memang seharusnya tetap berada di wilayah. Karena menunjukkan bukti di suatu daerah pernah ada peristiwa sejarah,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, temuan diduga benda purbakala di Desa Karanggayam ditemukan oleh pemerhati budaya dan warga desa setempat. Warga menduga benda tersebut adalah benda bersejarah peninggalan dari masa lampau.

Baca Juga : Bupati Sanusi Mutasi Puluhan Pejabat, Berikut Daftarnya

Batuan mirip prasasti dan altar berangka tahun ditemukan di belakang pekarangan Iwan (35) warga di Dusun Karanggayam 1 RT 03 RW01, Desa Karanggayam, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

Temuan ini sempat menggegerkan masyarakat desa setempat. Beberapa warga juga menyebarluaskan kabar penemuan benda purbakala ini melalui media sosial. Temuan ini kemudian dilaporkan kepada Disparbudpora Kabupaten Blitar, yang kemudian turun ke lapangan melakukan peninjauan.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana