Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Penasaran Ingin Tahu Kamar Mandi Era Sahabat Nabi? Ternyata Begini Bentuknya

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

25 - Jun - 2021, 09:12

Kamar mandi di era sahabat Rasul (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Kamar mandi di era sahabat Rasul (Foto: YouTube Alman Mulyana)

INDONESIATIMES - Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang wajib ada di setiap bangunan, tak terkecuali rumah. Di era modern saat ini, bentuk kamar mandi di setiap rumah pun berbeda-beda. 

Ada yang hanya terdiri dari bak mandi dan wc, ada pula yang dilengkapi dengan shower hingga bathtub. Namun, apakah kalian tahu bagaimana bentuk kamar mandi di era sahabat Nabi

Baca Juga : Asal Usul Candyman hingga Menjadi Hantu Menyeramkan dalam Trailer Terbaru

Seperti apa bentuk dan kondisi kamar mandi di era sahabat Nabi akan diketahui melalui video yang diunggah oleh YouTuber asal Indonesia Alman Mulyana. Diketahui, Alman merupakan TKI yang sat ini bekerja di Arab Saudi. 

Ia pun aktif membuat berbagai konten menarik di Arab Saudi untuk dibagikan kepada penonton yang belum tahu bagaimana keadaan di Saudi sana. Melalui video yang diunggah Alman Kamis (24/6/2021), ia menunjukkan bagaimana bentuk kuburan atau makam sahabat Nabi Muhammad SAW

Makam Abdullah bin Umar

Alman bersama rekan-rekannya sedang berada di Perkampungan Syuhada. Lokasinya tidak jauh dari Masjidi Haram, kira-kira 6 kilometer.

Dijelaskan jika di perkampungan tersebut terdapat makam dari salah satu sahabat Nabi yakni Abdullah bin Umar. Abdullah bin Umar merupakan anak dari khalifah ke-2 yakni Umar bin Khatab. 

Abdullah bin Umar masuk Islam saat ia berusia 10 tahun. Ia pun kerap membantu dakwah sang Nabi. 

Abdullah bin Umar merupakan sosok yang selalu mencontoh apapun dari Rasulullah. Hingga akhirnya, mereka tiba di makam Abdullah bin Umar. 

Disebutkan jika, Abdullah telah melakukan Umrah sebanyak 1000 kali. Tampak kondisi makam sederhana yang rata dengan tanah dan ditandai dengan dua batu. 

Baca Juga : Geger Warga Disuruh Pulang Lantaran Kamar Isolasi Penuh, Bupati Tuban Datangi RSUD R Koesma

 

Makam tersebut dilindungi dengan tembok dan pagar. Hingga akhirnya Alman menemukan sebuah bangunan yakni perumahan tua peninggalan zaman dulu. 

Kamar mandi

Bangunan itu terlihat hancur dan tinggal puing-puingnya saja. Alman pun penasaran dan mencoba menelusuri bangunan tersebut. 

Tak disangka, disalah satu ruangan itu, Alman menemukan sebuah ruangan yang ternyata adalah kamar mandi di era sahabat nabi. "Kamar mandi zaman dulu kayak gini," ujar Alman. 

Bak mandi

Tampak ruangan kamar mandi yang atapnya bolong dan tinggi. Kemudian terdapat pula dua bak mandi yang kecil-kecil.

Alman menduga jika air yang digunakan adalah air hujan lantaran atapnya yang bolong.


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni