Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Pengisian Wabup Tulungagung, Pengamat Menilai Nasdem Punya Peluang Emas

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : A Yahya

22 - Jun - 2021, 13:07

Pengamat Politik Tulungagung, Mbah Nyoto. (Foto: dok. Pribadi)
Pengamat Politik Tulungagung, Mbah Nyoto. (Foto: dok. Pribadi)

TULUNGAGUNGTIMES - Pengamat politik Dr. Drs. H. Sunyoto, S.H., M.Si. menilai Partai Nasdem punya peluang emas dalam pengisian kekosongan jabatan Wakil Bupati (Wabup) Tulungagung

Jika peluang itu dimanfaatkan dengan baik, maka akan memberikan banyak keuntungan bagi Nasdem. "Waduh, ini peluang emas bagi Nasdem kalau bisa memanfaatkan situasi ini tapi, juga bisa terjadi sebaliknya kalau tidak bisa memanfaatkan saat-saat seperti ini," kata pria yang akrab disapa Mbah Nyoto kepada TulungagungTIMES, Selasa (22/06/2021).

Baca Juga : 7 Manfaat Tidur di Kasur Tanpa Ranjang

Dosen di Universitas Bhineka Tulungagung menjelaskan, sekarang ini sudah zamannya partai modern berada di garis depan. Karena itu setiap kader partai harus mempunyai cara berfikir yang berbeda. Dalam melihat peluang politik harusnya segera disikapi agar bisa berhasil dan berdampak elektoral sehingga Nasdem bisa semakin besar.

Akan tetapi, lanjutnya, jika dalam kesempatan ini tidak berhasil, maka akan menjadi sebuah tantangan dampaknya akan menyulitkan Nasdem secara Politik.  "Jadi ini merupakan peluang sekaligus merupakan satu tantangan," katanya.

Menurut Mbah Nyoto, dalam kesempatan ini yang penting harus membangun trust (kepercayaan) artinya pilihan Nasdem harus tepat dan terpilih maka Nasdem akan hebat. Kalau asal comot atau asal pilih calon Wabup maka dampaknya bisa kembali ke Nasdem sendiri. "Kalau bisa dalam kontestasi ini Nasdem harus jadi," ucapnya

Secara umum, lanjutnya, setiap partai mempunyai tujuan untuk merebut kekuasaan, kalau tidak bisa menguasai minimal bisa  mempengaruhi. Jadi, Nasdem sebagai parpol (Partai Politik) harus mampu melaksanakan pendidikan politik memberikan contoh riil, baru bisa dikatakan bagus.

Baca Juga : Beda dengan Jokpro 2024, Mahfud MD Lebih Sreg Jabatan Presiden Dua Periode

Diakui Mbah Nyoto, Partai Nasdem memang sudah menunjukkan bahwa sudah berpartisipasi dengan memberikan dukungan pada Pilkada. Dan sekarang ada kesempatan untuk mencalonkan calon Wabup, untuk itu jangan sampai kesempatan yang diberikan oleh norma atau aturan itu diabaikan. "Nasdem harus jeli, agar tepat memilih dan hebat ke depannya. Jangan salah pilih," tegasnya.

Selain itu Nasdem harus getol untuk merebut kesempatan ini, karena kontestasi tidak hanya perebutan di DPRD saja melainkan bagaimana cara mempengaruhi dan harus punya kelebihan. "Kalau memilih pemimpin harus punya kelebihan. Dia harus seorang elit group (golongan kecil yang mempunyai kelebihan)," tutupnya.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

A Yahya