Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menko Airlangga Hartarto Ternyata Keturunan Trah Mangkunegara

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

18 - Jun - 2021, 16:22

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ziarah Eyang Kakung (Foto: Dok Kementerian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ziarah Eyang Kakung (Foto: Dok Kementerian)

INDONESIATIMES - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, yang akan menghadiri sejumlah acara di Kota Surakarta, menyempatkan diri berziarah ke Komplek Pemakaman Astana Oetara, Surakarta, Jumat (18/6/2021). Dari situ diketahui bahwa Airlangga masih ada keturunan dari Trah Mangkunegara.

Astana Oetara merupakan Komplek Pemakaman Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI beserta keluarga, kerabat dan para abdi dalemnya. Eyang dari Airlangga Hartarto yakni R Sastro Sunarto bin RM Ng Mangoen Bisono dan istrinya RM Ngt Soeparti Soenarto binti R Ng Parto Waidjojo Hardjowoewito dimakamkan di komplek pemakaman bagian depan.

Baca Juga : Bisa Bicara saat Bayi hingga Hidupkan Orang Mati, Inilah 6 Mukjizat Nabi Isa AS

"Itu tadi, ayahnya Bapak saya, jadi Eyang Kakung dan Eyang Putri," ujar Airlangga singkat sebelum meninggalkan komplek pemakaman.

Menurut keterangan dari Juru Kunci Astana Oetara RM Haryanto, semua yang dimakamkan di Astana harus ada kaitannya dengan Mangkunegara VI. Diketahui R Sastro Sunarto merupakan salah 1 pejabat di Era Mangkunegara VI dan juga masih ada hubungan kerabat.

"Dulu Eyangnya Pak Airlangga adalah Jaksanya Mangkunegara VI, dan juga ada keturunan trah dari Mangkunegara II," ujar Haryanto.

Selain Eyangnya ada sejumlah anggota keluarga lain lain seperti Bulek dan Bude dari Airlangga Hartarto yang juga dimakamkan di komplek pemakaman tersebut. 

Baca Juga : Makin Panas, Israel Kembali Gempur Gaza dengan Bombardir Jet TempurĀ 

Selepas ziarah dan salat Jumat, Airlangga dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja di Hotel Alila, dan menjadi pembicara pada acara Webinar bersama Civitas Akademika Universitas Sebelas Maret (UNS).


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana