Bupati Maryoto Sebut Angka Kepatuhan Memakai Masker Capai 85 Persen | Tulungagung TIMES

Bupati Maryoto Sebut Angka Kepatuhan Memakai Masker Capai 85 Persen

Jun 09, 2021 19:57
(Dari Kiri), Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Dandim 0807/Tulungagung Lekol Inf Mulyo Junaidi, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, saat dikonfirmasi usai apel Gelar Pasukan. Rabu 09/06/2021. (Foto: dok pribadi)
(Dari Kiri), Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Dandim 0807/Tulungagung Lekol Inf Mulyo Junaidi, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, saat dikonfirmasi usai apel Gelar Pasukan. Rabu 09/06/2021. (Foto: dok pribadi)

TULUNGAGUNGTIMES - Dalam penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19, Kabupaten Tulungagung bisa dibilang sangat bagus. Pasalnya untuk tingkat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker sudah mencapai lebih dari 85%.

"Di Kabupaten Tulungagung tingkat kepatuhan memakai masker sudah di atas 85%. Bagus kita ini," Kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, usai upacara Apel Gelar Pasukan di halaman Pemkab. Rabu (09/06/2021).

Baca Juga : Optimalkan Penanganan Covid-19, Bupati Blitar Pimpin Apel Siaga 3 Pilar

Menurut Maryoto, kasus krisis kesehatan akibat Pandemi covid-19 yang melanda Tulungagung, sudah ditangani oleh pemerintah daerah dengan sedemikian rupa dengan melibatkan berbagai satuan tugas dan  pelaksana kesehatan.

Diungkapkan, interval kasus covid-19 di Tulungagung dalam 3 bulan terakhir jumlah kasus terkonfirmasi baru di angka antara 5 sampai 10 kasus. Yang artinya jika ada kasus terkonfirmasi baru berjumlah 5, kasus sembuh di angka 6, atau jika kasus baru di angka 4 kasus kesembuhan juga diangka 4. "Itu kan masih landai dalam artian, masih terkendali," kata Maryoto.

Sebagai Bupati, Maryoto berharap satgas covid-19 dan seluruh komponen masyarakat di Tulungagung, serta adanya PPKM berskala mikro bisa mengoptimalisasi peran posko covid-19 ditingkat Desa. Karena, kata Maryoto, posko ditingkat desa merupaka suatu instrumen alat yang bisa membantu perawatan maupun menyosialisasikan disiplin prokes covid-19 di tingkat terkecil.

Di tempat yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0807/Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi mengatakan, masa pandemi covid-19 menuntut semua pihak untuk senantiasa berupaya mencegah, serta menekan persebaran virus tersebut.

Selama ini, lanjutnya, berbagai upaya intensif sudah dilakukan oleh semua pihak dalam menangani masalah pandemi covid-19. Namun laju persebaran covid-19 beserta dampaknya  terus terjadi dan semakin merebak. "Ini memerlukan kepedulian dan kesadaran kita semua akan bahaya covid-19," kata Junaidi.

Baca Juga : Berkunjung ke Sentra Vaksinasi Serviam, Menko Airlangga Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Menurut Junaedi, untuk bisa menahan, mengurangi dan memutus rantai penularan serta angka persebaran covid-19, Forkopimda Kabupaten Tulungagung akan mengoptimalkan kembali Satgas covid-19 Tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan hingga RT. Dan dilanjutkan dengan meningkatkan pengawasan operasi yustisi pelanggaran prokes secara terkoordinir.

"Diharapkan kita semua disiplin mendukung pelaksanaan prokes, dan mengukur tanggung jawab bersama dalam melaksanakan penyelengaraan disiplin prokes," tandasnya.

Topik
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo

Berita Lainnya