Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Dana Desa, 39 Kades di Tulungagung Dikirim ke Malang | Tulungagung TIMES

Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Dana Desa, 39 Kades di Tulungagung Dikirim ke Malang

Jun 02, 2021 21:07
39 Kepala Desa yang dikirim ke Malang untuk ikuti Bimtek / Foto :Istimewa / Tulungagung TIMES
39 Kepala Desa yang dikirim ke Malang untuk ikuti Bimtek / Foto :Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Sebanyak 39 kepala desa di Tulungagung diberangkatkan untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Balai Besar Pemerintahan Desa di Malang. Pemberangkatan dilakukan oleh bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Rabu (02/06/2021). 

Kabupaten Tulungagung dan Ngawi berkesempatan untuk mengirim aparatur pemerintah desa dalam hal ini kepala desa agar lebih meningkatkan tata kelola pemerintahan desa. 

Baca Juga : PUI Laporkan Hasil Donasi untuk Palestina kepada Pemkot Kediri

Dari 39 kades direkomendasi Pemkab kali ini, mayoritas adalah kepala desa yang terpilih lagi pada 2019 lalu. Kegiatan ini menurut keterangan, Agis Faizhin, kepala desa Wonokromo Kecamatan Gondang adalah program dari kementerian dalam negeri. Tujuannya, agar kades mampu megelola pemerintahan desa secara baik, profesional dan dapat mempertanggungjawabkan juga pengelolaan keuangan dana desa (DD). 

"Meningkatkan kapasitas kepala desa dalam memahami tata kelola pemerintahan desa khususnya penggunaan keuangan desa," kata Agis Faizhin. 

Harapan para kepala desa di Tulungagung, dengan bimtek ini akan lebih paham tentang penggunaan dan pertanggungjawaban dana desa. "Karena selama ini kadang kita sudah benar tapi masih ada kesalahan ketika dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan pengiriman kepala desa ke Malang ini agar kwalitas sumber daya para kades terkait administrasi dana desa bisa dikerjakan dengan baik dan benar. 

Baca Juga : Dikenal Angker, Lokasi Kecelakaan Maut Poncokusumo Ada Kuburan Mayat Anggota PKI

"Bimtek ini tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada para Kades, agar mengerti dan bisa dalam mengerjakan Administrasi  Dana Desa dan ADD," kata Maryoto.

Ke depan diharapkan seluruh kepala desa akan mendapatkan giliran mengikuti kegiatan yang sama agar pemahaman kepala desa di Tulungagung dalam pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa semakin baik. 

Topik
berita tulungagung Kepala Desa di Tulungagung Maryoto Birowo

Berita Lainnya