Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

2 Kali Berturut-turut, Kabupaten Tulungagung Raih Opini WTP dari BPK Jatim

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

29 - May - 2021, 19:21

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menerima Opini WTP dari BPK Jatim / Foto : Humas / Tulungagung TIMES
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menerima Opini WTP dari BPK Jatim / Foto : Humas / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. 

Predikat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jatim Joko Agus Setyono ini kemudian diserahkan kepada Bupati Maryoto Birowo dan Ketua DPRD Tulungagung Marsono, Jumat (28/5/2021) lalu.

Baca Juga : Dukungan Inklusi Keuangan bagi Pesantren

Saat dikonfirmasi, Maryoto mengatakan opini WTP yang diterimanya ini masih perlu disempurnakan sebagaimana catatan yang diberikan BPK Jawa Timur.

"Opini WTP ini ke-2 kali berturut-turut, masih ada beberapa yang harus diperbaiki dan disempurnakan," kata Maryoto.

Perbaikan dan penyempurnaan ini, disebutkan Maryoto, diantaranya adalah masalah ketepatan waktu laporan. Dijelaskan oleh bupati asal PDI P ini, belum ada keseimbangan antara administrasi dan pelaksanaan di lapangan.

"Perbaikannya diantaranya pelaksanaan dan  administrasi. Ada yang sudah diselesaikan namun pengerjaan belum selesai, atau sebaliknya. Jadi harus seimbang," jelasnya.

Hal yang perlu disempurnakan berikutnya, menurut Maryoto adalah penataan data. "Perlu adanya digitalisasi, jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan, maka data itu mudah dicari dan bisa diakses kapanpun," ungkapnya.

Baca Juga : Kenal Via Tantan, Janda Dua Anak Asal Bogor Cari Pria Tulungagung yang Menghamilinya

Aset yang banyak belum diinventarisir, menurut Maryoto harus menjadi perhatian selanjutnya. Pasalnya, banyak sekolah dan puskesmas yang ada di wilayahnya belum tercatat dengan jelas sehingga masih dimungkinkan terjadinya sengketa.

Penyampaian opini WTP yang diterima Kabupaten Tulungagung ini bersamaan dengan Kabupaten lain seperti, Nganjuk, Trenggalek, Kota Kediri dan Kota Batu.

Raihan Opini WTP ini akan dipertahankan di tahun berikutnya dengan terus meningkatkan pelayanan pemerintah pada masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh selama ini.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana