Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Klaster Permukiman Lowokdoro Kota Malang: 10 Orang Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal Dunia

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

24 - May - 2021, 16:26

Petugas BPBD Kota Malang usai melakukan penyemprotan desinfektan di Jalan Lowokdoro Gang 4, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin (24/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Petugas BPBD Kota Malang usai melakukan penyemprotan desinfektan di Jalan Lowokdoro Gang 4, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin (24/5/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Penyebaran Covid-19 klaster permukiman kembali terjadi di Kota Malang. Setelah sebelumnya terjadi klaster penyebaran Covid-19 di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau Kota Malang, kali ini klaster permukiman terjadi di Jalan Lowokdoro Gang 4, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Menurut keterangan dari Ketua RT setempat Agung Harianto menuturkan, penyebaran Covid-19 awal terjadi dari pria bernama Ngartono (83) yang tinggal di Jalan Lowokdoro Gang 4, Kelurahan Kebonsari, Sukun. Di mana yang bersangkutan seringkali melakukan cek kesehatan di RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang. 

Baca Juga : Optimis Penuhi Target PAD, Bapenda Kabupaten Malang Geber Perolehan PBB

"Dia (Ngartono, red) jarang keluar. Cuma kontrol kesehatan ke rumah sakit. Sering cek jantung ke rumah sakit mungkin (tertular, red) dari sana," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (24/5/2021). 

Lanjut Agung, setelah dinyatakan positif Covid-19 Ngartono menjalani perawatan di Rumah Sakit satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Dan tepatnya di hari kedua Idul Fitri 1442 Hijriah, Ngartono dinyatakan meninggal dunia. 

Setelah Ngartono meninggal dunia, persebaran Covid-19 pun mulai menyebar di dalam rumahnya. Mulai dari istri Ngartono, adik beserta istri adik Ngartono. Jadi terdapat tiga orang yang terdampak Covid-19. 

"Di rumahnya itu ada dua kepala keluarga. Satu Pak Ngartono dan istrinya dan juga adiknya serta istri adiknya juga. Anak-anaknya sudah nggak di rumah sudah besar," ujarnya. 

Lebih lanjut Agung mengatakan, bahwa meskipun pengetatan protokol kesehatan khususnya di Jalan Lowokdoro Gang 4 sudah maksimal mungkin, ternyata terjadi penyebaran Covid-19 di lingkungan warga sekitar. 

"Lalu ada tujuh orang terkonfirmasi positif (termasuk empat orang dari rumah Ngartono, red) serta ada tiga orang sudah pulang dari Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard. Sementara untuk tiga orang yang baru saja keluar, saat ini sedang menjalani isolasi mandiri," terangnya. 

Baca Juga : Serangan Jantung Mendadak, Anggota Satgas Covid-19 Kota Blitar Meninggal Saat Hendak Smooting di Salon

Sementara itu, Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang Cornellia Selvyana Ayoe mengatakan, bahwa untuk sementara ini total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 10 orang. 

"Informasi baru itu keluarga Ngartono istrinya habis besuk orang sakit di Gadang. Terus juga suka jalan-jalan ke saudaranya di Plaosan. Selama lebaran itu, Ngartono di rumah terus, dia meninggal 14 Mei 2021. Terus dia terpapar karena istrinya sering keluar itu yang kena Covid. Di swab itu hasilnya positif," ujarnya. 

Selanjutnya, kata Selvy bermula dari situ terjadi penularan kepada enam warga lainnya yang kebetulan juga masih satu saudara dan pernah berinteraksi dengan keluarga Ngartono. 

"Ada juga Pak Doli itu satu rumah dengan Ngartono, rumahnya nyambung. Itu semua dari keluarga besar itu sudah isolasi mandiri, sebagian ada yang isolasi di rumah safe house. Ternyata, juga ada lagi 1 orang di RT 5 positif, kemudian ada nambah lagi adiknya itu positif. Jadi 8 KK, 10 orang positif," pungkasnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana