Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Klarifikasi Gubernur Khofifah Via WAG Terkait Pesta Ulang Tahun

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

22 - May - 2021, 12:08

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan 6)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Liputan 6)

INDONESIATIMES - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa akhirnya memberikan klarifikasi resmi terkait pesta ulang tahun yang terjadi pada Rabu (19/5/2021) malam. Diketahui, pesta ulang tahun tersebut digelar di area Gedung Negara, Grahadi, Surabaya. 

Dalam acara tersebut, Khofifah dinilai telah mengabaikan protokol kesehatan Covid-19 hingga menimbulkan kerumunan. Terkait hal ini, perempuan 56 tahun itu memberikan 11 poin klarifikasi terkait acara tersebut. 

Baca Juga : Gempa 6,2 Guncang Blitar dan Malang, BPBD: Satu Orang Luka Ringan 

 

Klarifikasi itu beredar melalui pesan WhatsApp hari ini Sabtu (22/5/2021). Awalnya Khofifah mengucapkan permintaan maaf atas kegaduhan yang terjadi di tengah masyarakat, khususnya warga Jawa Timur. 

Berikut isi lengkap klarifikasi dari Khofifah: 

"Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Saya mohon maaf  yang sebesar- besarnya jika ada yang telah membaca berita atau video viral dg bunyi pesta ulang tahun khofifah ada kerumunan atau serupa.

Penjelasan dibawah ini semoga dapat memberikan info yg terlanjur  terdistorsi :

1. Bahwa syukuran tanggal 19 Mei semua  persiapan tanpa sepengetahuan apalagi persetujuan  saya. Berita yang muncul cenderung tidak faktual dan tidak obyektif.

2. Tidak ada lagu ulang tahun,tidak ada ucapan ulang tahun, tidak ada bersalam atau berjejer,juga tidak ada potong kue tart ultah.

3. Ada santunan Yatim dan Sholawat Nabi seperti kegiatan lainnya. 10 anak yatim dan 2 orang  tim sholawat dg 6 orang  rebana. Selesei acara mereka makan terus pulang.

4. Ada penyerahan buku penanganan covid karya Dr. Suko Widodo (UNAIR).

5. Yang hadir Wagub (tanpa istri), saya tanpa putera, sekda dan beberapa OPD semua tanpa pendamping sebanyak 31 orang.

6. Ada band yang biasa dipakai latihan OPD.

7. Ada Katon Bagaskara karena tanggal 18 sedang ada giat di Surabaya. Katon juga kawannya pak Sekda.

8. Perihal catering yg katanya nomer satu itu adalah Sono Kembang yang biasa menjadi langganan Grahadi setiap ada tamu.

9. Tempat di halaman luar rumdin kapasitas normal bisa 1000 orang. jika ditambah samping bisa sampai 1500 orang. Tetapi yg hadir 31 org plus 10 anak yatim dan 8 tim sholawat dan rebana.

Baca Juga : 5 Postingan Terakhir Instagram Gubernur Khofifah Banjir Sindiran soal Pesta Ulang Tahun  

 

10. Angle yang diambil terkesan berkerumun saya mohon maaf. Tidak ada terbersit  rencana syukuran bersama OPD apalagi pesta ultah jauh dari tradisi saya. 

Posisi berdiri adalah  posisi jelang bubaran karena pada dasarnya undangan duduk. Kecuali tim catering dan bagian umum.

11. Lepas dari itu semua saya sekali lagi mohon maaf yang sebesar- besarnya telah menjadikan suasana terganggu.

Demikian, mohon maaf jika video yang beredar seolah  kami tidak memperhatikan protokol kesehatan hal tersebut tidak benar sama sekali."

Sebelumnya, wartawan SurabayaTIMES jaringan JatimTIMES mendatangi lokasi tersebut pada Rabu (19/5/2021). Dilaporkan jika kondisi di sana hampir saja sepeda motor tidak bisa masuk karena penuhnya mobil berjejeran. 

Kemudian, sekitar pukul 21.00 WIB terdengar suara musik yang cukup kencang. Suara tersebut rupanya berasal dari area sebelah timur Grahadi, tepatnya di sekitaran rumah dinas Gubernur Jatim. 

Wartawan SurabayaTIMES pun mencoba mendekati sumber suara tersebut. Ada beberapa orang penjaga yang menunggu di luar. Selain itu, saat masuk lokasi juga tidak ada pemeriksaan sama sekali, seperti cek suhu badan atau cuci tangan. Saat wartawan SurabayaTIMES berhasil masuk tak disangka disana sudah ada penyanyi Ibu Kota yakni Katon Bagaskara beserta bandnya. 

Rupanya acara tersebut adalah pesta ulang tahun dari Khofifah ke-56. "Selamat ulang tahun ibu gubernur Khofifah," ujar Katon di atas panggung. 

Tak cuma Khofifah, ternyata Wagub Jatim Emil Dardak juga berulang tahun selang 1 hari dari Khofifah yakni 20 mei 2021. Katon pun tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun kepada Emil.  


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana