Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dipilih Jadi Tujuan Kunker, DPMD Tulungagung Berharap Bisa Memotivasi dan Menginovasi Pengembangan Bumdesa

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - May - 2021, 16:34

Tampak rombongan Kunker di Punakawan Park Desa Banaran Kecamatan Kauman. (Foto: Istimewa)
Tampak rombongan Kunker di Punakawan Park Desa Banaran Kecamatan Kauman. (Foto: Istimewa)

TULUNGAGUNGTIMES - Dipilihnya Kabupaten Tulungagung menjadi tujuan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Tulungagung khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). 

Sebagai dinas yang mengurusi seputar desa, berharap Kunker dari pejabat tingkat provinsi itu bisa memotivasi dan menginovasi pengembangan Bumdesa di Tulungagung.

Baca Juga : Rekrutmen CPNS dan PPPK, Kota Blitar Dapat Jatah 209 Kursi

"Untuk lebih memotivasi dan menginovasi dalam pengembangan BUMDesa di Tulungagung khususnya BUMDesa Banaran Sakti. Selain itu agar BUMDesa BUMDesa baru bermunculan bak bintang di langit," kata Kepala Dinas PMD Tulungagung melalui Kabid Ketahan Ekonomi dan Lingkungan Wahyu Yuniarko, Jum'at (21/05/2021).

Menurut Wahyu, alasan dipilihnya BUMDesa Banaran Sakti sebagai tempat Kunker Komisi A DPRD Provinsi Jatim di Tulungagung karena BUMDesa tersebut masih tergolong pemula atau rintisan tapi sudah memiliki unit usaha wisata desa yang booming di antara wisata desa lainnya yang dikelola BUMDesa.

Terpisah, Kepala Desa Banaran Kecamatan Kauman Andri Suprambodo mengatakan, Kunker Komisi A DPRD Provinsi Jatim kemarin, bertujuan melihat lebih dekat pengelolaan wisata desa oleh BUMDesa.

Selain itu, Kunker juga memastikan sejauh mana perkembangan BUMDesa Banaran Sakti dalam mengelola wisata desa yang masih dalam kategori pemula atau rintisan.

"Tentunya sangat dibutuhkan pembinaan dan pengamatan dari dinas terkait. Yang nantinya dapat memberikan pembinaan terhadap BUMDesa agar bisa berkembang dan lebih maju lagi," kata Andri.

Baca Juga : Ratusan Zona Parkir di Kota Malang Belum Tersinkronisasi

Dalam Kunker, lanjutnya, Anggota DPRD tingkat Provinsi itu memberikan apresiasi terhadap BUMDesa Banaran sakti dengan unit usaha wisata Desa Punakawan Park. Peserta Kunker, kata Andri, sangat kagum dan terkesima melihat potensi Desa Banaran khususnya saat melihat kolaborasi potensi seni dan budaya dalam satu kemasan Punakawan Park dengan icon patung Semar.

Selain itu, yang membuat lebih menarik lagi, dimana Punakawan Park dapat menampung wisata kuliner dan menciptakan wisata edukasi outdoor dan indoor. "Semoga nanti kedepan dapat membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah sekitar desa Banaran dan tentunya dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan," tutupnya.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni