Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Berikut Tips Sederhana agar Bisa Kembali Menabung setelah Lebaran

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

10 - May - 2021, 03:26

Menabung (Foto: cloudigirl.com)
Menabung (Foto: cloudigirl.com)

INDONESIATIMES -  Momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran biasanya masyarakat kerap mengeluarkan uang dalam jumlah besar dibandingkan hari biasa. 

Hal itu lantas membuat beberapa orang kerap bingung karena keuangannya menipis sesudah Lebaran sehingga membuat beberapa dari mereka harus kembali mulai menabung sedikit demi sedikit untuk  memenuhi kebutuhan ke depan. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Perbedaan Mahram dan Muhrim

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam mengatur keuangan setelah Lebaran, dilansir melalui laman Investopedia.com: 

1. Tangani Pengeluaran Anda

Untuk jangka waktu tertentu satu minggu, ssatu bulan, atau apa pun yang Anda bisa tahan, cobalah untuk mencatat segala sesuatu yang Anda habiskan. Anda bisa menggunakan buku catatan atau aplikasi pengeluaran.

Orang sering mendapati mereka membuang-buang dana untuk hal-hal yang tak perlu dan dapat bisa dengan mudah hidup tanpanya. Beberapa aplikasi bahkan bisa membantu Anda melakukan sedikit penghematan. 

2. Ambil Kembalian

Selama membeli barang yang benar-benar Anda butuhkan, mungkin masuk akal untuk mendaftar sebagai member dalam satu aplikasi belanja atau lainnya, yang menawarkan pengembalian uang tunai atau cashback dari penjual. 

Hal itu biasanya menggunakan pembayaran melalui kartu kredit cash-rewards, yang menawarkan 1 persen hingga 6 persen tunai pada setiap transaksi. Tentu saja, taktik ini hanya berfungsi jika Anda mentransfer tabungan Anda ke rekening tabungan dan selalu membayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan.

3. Fokus Pengeluaran Besar

Baca Juga : Jadi Ladang Pahala, Berikut Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

Memotong pengeluaran jangan sekaligus, tapi Anda akan menghemat uang paling banyak dengan memotong kembali tagihan terbesar dalam hidup Anda. Bagi kebanyakan dari kita, hal-hal tagihan seperti perumahan, asuransi, dan biaya perjalanan.

Jika Anda memiliki hipotek, usahakan agar Anda menabung dengan pembiayaan kembali dengan bunga yang lebih rendah.

4. Jangan Keluarkan Uang Berlebihan

Anda mungkin ingin makan lebih jarang, mencoba menahan diri tidak berbelanja baju dan tetap menggunakan beberapa pakaian lagi dari lemari pakaian Anda, atau mengendarai mobil tua selama satu tahun lagi.

Tapi kecuali Anda menikmati hidup seperti orang kikir, dan beberapa orang benar-benar melakukannya, jangan menyangkal diri sendiri setiap kesenangan terakhir dalam hidup.

Tujuan dari menabung adalah untuk membangun masa depan yang aman secara finansial bukan untuk membuat diri Anda sengsara saat itu juga. Melainkan aturlah keuangan Anda secara adil dan jangan memotong banyak pengeluaran sekaligus. Sebab, Anda masih butuh uang untuk memenuhi kebutuhan Anda lainnya.  


Topik

Gaya Hidup


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy