Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

BLT Subsidi Gaji Rp 2,4 Juta Cair Pasca Lebaran, Ini Bocorannya!

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

08 - May - 2021, 05:04

BLT gaji (Foto: mongondow.co)
BLT gaji (Foto: mongondow.co)

INDONESIATIMES - Bantuan subsidi upah (BSU) alias BLT subsidi gaji di bawah Rp 5 juta disebut akan disalurkan kembali tahun ini. Diketahui, bantuan tersebut sudah berjalan dalam beberapa gelombang selama masa pandemi COVID-19.

Total bantuan yang diberikan yakni senilai Rp 2,4 juta yang ditransfer Rp 600 ribu selama 4 bulan. Melansir melalui CNBC Indonesia, Direktur Kelembagaan Kerja Sama Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan Aswansyah mengatakan, rencananya BLT subsidi gaji ini akan diberikan usai Lebaran untuk pekerja yang belum mendapatkan di gelombang sebelumnya.

"Setelah Lebaran atau Juni atau Juli," kata Aswansyah.

Baca Juga : Film Terbaru Ice Paris dan Tor Bertajuk "Ghost Lab" akan Tayang 26 Mei

Lebih lanjut, Aswansyah mengatakan saat ini otoritas tenaga kerja tengah berupaya agar para pekerja yang belum mendapatkan insentif tersebut bisa mendapatkan haknya. 

"Intinya kita udah berusaha untuk memperjuangkan mereka yang belum dapat, harus clear dulu datanya," kata Aswansyah.

Sebagaimana yang pernah disampaikan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah beberapa waktu lalu, bahwa bagi penerima BLT subsidi Gaji gelombang I yang belum menerima dana bantuan pada gelombang II bisa mendapatkan tahun ini.

Ida mengatakan realisasi BSU gelombang II sebesar 98 persen, masih ada beberapa penerima bantuan yang belum mendapatkannya. Oleh sebab itu, sisa bantuan bagi pekerja yang sesuai dengan syarat penerima BLT dan belum mendapatkannya akan diajukan kembali ke Kementerian Keuangan untuk masuk dalam anggaran tahun ini.

Baca Juga : Niat, Hukum, Tata Cara dan Ketentuan Pelaksanaan Mengganti Puasa Ramadan

"Realisasi sudah 98,92 persen, jadi  hampir 100 persen. Ada sedikit yang karena kita sudah tutup buku harus dikembalikan pada kas negara," ujar Ida. 

Selain, itu, kata Ida, jika memang sudah memenuhi syarat pihaknya akan ajukan kembali ke Kementerian Keuangan untuk bisa diproses. 


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni