Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bill Gates Resmi Cerai dengan Melinda, Berikut Daftar Harta Gono Gini yang Harus Dibagi

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

04 - May - 2021, 10:05

Bill Gates dan Melinda. (Foto: Financial Times)
Bill Gates dan Melinda. (Foto: Financial Times)

INDONESIATIMES - Orang terkaya dunia sekaligus pendiri Microsoft Bill Gates telah resmi bercerai dengan sang istri, Melinda, setelah 27 tahun bersama. Melalui sebuah pernyataan, Gates dan Melinda mengatakan bahwa tidak lagi percaya dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup.

Kabar ini tentu membuat kaget warganet pengguna media sosial, tak terkecuali Twitter. Bahkan nama Bill Gates menjadi kata kunci yang menduduki trending topic Twitter Indonesia dengan cuitan sebanyak lebih dari 211.000.

Baca Juga : Tren Kasus Covid-19 di Kota Malang Alami Kenaikan, tapi Melandai

Mengingat betapa kayanya Bill Gates, hal ini lantas disangkutpautkan warganet terhadap perceraiannya dengan Melinda. Tak sedikit warganet yang mengatakan bahwa harta dan tahta yang dimiliki Gates tidak menjamin sebuah hubungan akan berjalan lancar. 

"Wow Bill Gates dan Melinda aja cerai ya udah bikin foundation bareng dan udah kaya raya bareng wkwkwk tetep aja nggak sejalan," cuit @bisquitregaaal.

"Bill Gates sama Melinda yang power couple gitu aja cerai. Bikin trust issue aja nih," ungkap @nindita0610.

"Belajar dari Bill Gates, harta dan tahta belum menjamin hubungan bisa bersama seterusnya," tulis akun @ramadoniherman.

"Jeff Bezos cerai, Bill Gates cerai. What can be inferred? Pernikahan nggak melulu soal duit," tambah @ailorpoda.

Perceraian Gates dan istrinya tentu tak luput dari harta gono gini yang langsung menjadi perbincangan. Pembagian harta gono gini keduanya akan menjadi perkara aset terbesar sejak orang terkaya dunia lainnya, Jeff Bezos, dan istrinya MacKenzie berpisah pada pertengahan 2019 lalu. 

Seperti diketahui, keluarga Gates diperkirakan memiliki aset mencapai US$ 130 miliar atau Rp 1.885 triliun,  menurut Forbes. Kekayaan itu menjadikannya sebagai orang terkaya ke-4 di dunia, di belakang Bezos, Elon Musk, dan pemilik barang mewah Prancis Bernard Arnault.

Saat perceraian Bezos diselesaikan pada Juli 2019 lalu, Scott telah menerima saham Amazon senilai US$ 38,3 miliar dan menjadikannya wanita terkaya di dunia. 

Bezos dan Scott menikah selama 25 tahun. Sementara Bill Gates dan Melinda bersama selama 27 tahun.

Diketahui, MacKenzie juga terlibat di masa-masa awal perusahaan mereka, Amazon. Hal yang sama dilakukan  Melinda dengan memainkan peran senior di Microsoft. 

Bill dan Melinda memiliki 3 anak, yakni Jennifer yang berumur 25 tahun, Phoebe 18 tahun, dan Rory 21 tahun. Keluarga Gates memiliki rumah utama di negara bagian Washington, di pinggiran Seattle. 

Mereka juga memiliki properti di California, Florida, Wyoming, dan Massachusetts. Selain itu, mereka juga memiliki jet pribadi dan koleksi seni yang menakjubkan. Bill bahkan memiliki armada mobil cepat. 

Bill dan Melinda bertemu di Microsoft pada 1987 dan menikah pada 1 Januari 1994.

Pada tahun 2000, keduanya lantas mendirikan The Gates Foundation, yang didedikasikan untuk membantu beberapa orang termiskin di dunia melalui inisiatif seperti pemberantasan polio, mengurangi penyebaran malaria dan HIV/AIDS, serta berinvestasi dalam sanitasi dan sistem keuangan bagi mereka yang tidak.

Kendati sudah bercerai, Gates menyatakan akan terus melanjutkan pekerjaannya bersama Melinda di Gates Foundation, salah satu yayasan amal terbesar di dunia itu.

 Lantas apa saja harta gono gini yang harus dibagi antara Gates dan Melinda?  Salah satu properti yang paling besar dimiliki keluarga miliarder ini yakni sebuah rumah yang bernama Xanadu 2.0. Rumah tersebut berbentuk mansion seluas 66.000 kaki persegi yang terletak di Medina, sekitar 9 mil dari Seattle. 

Gates membeli lahan itu pada 1988 dengan harga US$ 2 juta. Namun, dia menghabiskan 7 tahun untuk membangun rumah tersebut dengan biaya US$ 63 juta. 

Baca Juga : Intip Spesifikasi Vorela 150, Skutik Tiruan Honda ADV150, Ada Kamera Depan & Belakang

Konstruksi rumah di pinggir danau itu sempat menuai kemarahan dari tetangga sekitar, menurut berita The Washington Post. Namun, Gates memberikan gratis cuci mobil dan menugaskan kontraktornya untuk membantu proyek kecil di daerah rumahnya. 

Rumah itu kini ini bernilai US$ 125 juta. "Saya menginginkan keahlian tetapi tidak ada yang mencolok," tulis Gates dalam bukunya, The Road Ahead, yang ditulis ketika rumahnya sedang dibangun. 

"Saya ingin rumah yang mengakomodasi teknologi canggih dan berubah tetapi dengan cara yang tidak mencolok yang memperjelas bahwa teknologi adalah pelayannya, bukan tuannya," lanjut dia. 

Rumah mewah ini memiliki kolam renang dalam dan luar ruangan dengan sistem musik bawah air serta memiliki desain fosil di lantai. Ditambah dengan jejak fosil kuno dari daun palem di belakang papan loncat. 

Di petak seluas 5 hektare itu terdapat pula sungai buatan yang diisi dengan salmon dan ikan trout, serta pantai dengan pasir yang diimpor dari Karibia. Kemudian di dalam rumah terdapat 7 kamar tidur, dengan 18 kamar mandi. 

Ada pula bioskop rumah art deco dengan tempat duduk untuk 20 orang dan ruang makan seluas 1.000 kaki persegi dengan tempat duduk untuk 24 orang. Untuk pertemuan yang lebih besar, terdapat aula resepsi seluas 2.300 kaki persegi dapat menampung 150 orang untuk makan malam atau 200 untuk pesta koktail. 

Ada perpustakaan seluas 2.100 kaki persegi mencakup 2 rak buku berputar rahasia, salah satunya yakni sebuah bar. Terdapat sudut khusus yang dibangun untuk memajang salah satu harta Gates yang paling berharga, yakni buku catatan ilmiah yang disimpan oleh Leonardo da Vinci pada awal tahun 1500-an, yang disebut Codex. 

Gates membelinya di pelelangan pada tahun 1994 seharga US$ 30 juta. Di langit-langit terukir  'Dia telah datang jauh ke halaman rumput biru ini, dan mimpinya pasti tampak begitu dekat sehingga dia hampir tidak bisa gagal untuk memahaminya.' 

Ada 4 salinan langka dari buku itu di perpustakaannya, Tamu di properti, menurut Seattle Curbed, diberikan pin untuk dikenakan pada saat berkunjung.

Pin itu dilengkapi dengan sensor dan tergantung pada preferensi mereka, suhu, musik, dan pencahayaan di dalam rumah akan berubah. "Ini adalah rumah yang bagus," ujar Bill Gates dalam wawancara di forum Reddit.

Keluarga Gates juga memiliki peternakan senilai US$ 59 juta di kawasan Wellington, Florida. Ini merupakan daerah berkuda yang sering dikunjungi oleh anak tertua Bill Gates, yakni Jennifer. 

Gates juga memiliki 1,37 persen saham Microsoft yang bernilai US$ 26 miliar. Dia turun dari jabatannya di Microsoft pada Maret 2020. 

Namun, Bill Gates tetap menjadi penasihat CEO Satya Nadella. Diketahui, ia juga mendirikan perusahaan modal ventura, Gates Ventures. 

Pada 2017, Melinda juga memiliki organisasi baru bernama Pivotal Ventures yang dibangun untuk menampung ide-idenya yang tak sesuai dengan struktur di Gates Foundation.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy