Di Tulungagung, Mokel Hanya Ada di Bulan Ramadan, Inilah Artinya | Tulungagung TIMES

Di Tulungagung, Mokel Hanya Ada di Bulan Ramadan, Inilah Artinya

May 03, 2021 20:14
Ilustrasi, net
Ilustrasi, net

TULUNGAGUNGTIMES - Barangkali masyarakat di Jawa Timur dan Jawa Tengah saja yang paham istilah mokel. Di Tulungagung, istilah atau kata Mokel sering disebut-sebut hanya saat di bulan Ramadlan saja.

Jika ditelusuri, kata Mokel ini memang tidak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), namun ternyata Mokel sangat dikenal artinya.

Baca Juga : ITN Terpilih Jadi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan

 

"Mokel itu tidak puasa, atau membatalkan puasa sebelum saat berbuka," kata Rudi (34) penikmat kopi yang biasa nongkrong di warkop, Senin (03/05 /2021).

Perkataan Rudi dan teman-teman nongkrongnya ini menjadi menarik karena didiskusikan dengan santai dan penuh guyon.

"Menurut saya, mokel ini awalnya puasa tapi diam-diam makan atau minum sembunyi-sembunyi. Jika saatnya berbuka, ikut-ikutan buka seakan-akan ia benar-benar puasa," kata Nanang, menjawab istilah Mokel yang ia kenal.

Sambil nyruput kopi, Rian ikut bicara terkait mokel ini. Ia mengaku tidak puasa karena pekerjaannya sebagai sales dirasa sangat berat.

"Saya ini tidak puasa, maka ini menurut saya mokel karena yang lain puasa saya tidak puasa," ujarnya sambil tertawa lepas.

Pembicaraan di warung itu semakin gayeng karena masih ada yang tidak tergoda dengan rayuan es teh dan makanan yang dinikmati mayoritas pengunjungnya.

Taukah apa arti mokel ini, netizen dari Jawa Timur dan Jawa Tengah sangat sering menulis kata-kata ini dalam status maupun dalam komentarnya.

Baca Juga : Semarak Ramadan, Siswa-Siswi MI Al Mubarok Berbagi Rezeki

 

Kata Mokel memang selalu populer penggunaannya pada bulan Ramadhan, terutama bagi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Meski tidak ada dalam KBBI, Mokel merupakan kosa kata yang berasal dari bahasa Jawa Timuran yang memiliki arti berbuka puasa sebelum waktunya.

Padanan kata ini dari daerah lain ada yang menyebut dengan Mokah (bahasa Ngapak), yang juga berarti membatalkan puasa atau berbuka sebelum waktu yang ditentukan.

Sedangkan di Medan, Mokel ini disebut sebagai Tempus (Tembak Puasa) yang artinya hampir sama saja.

Topik
mokel bulan suci ramadhan berita tulungagung hari ini

Berita Lainnya