Urus Akta Kelahiran Tanpa Ada Buku Nikah Orang Tua, Begini Caranya! | Tulungagung TIMES

Urus Akta Kelahiran Tanpa Ada Buku Nikah Orang Tua, Begini Caranya!

Apr 20, 2021 09:37
Akta Kelahiran (Foto: Cermati.com)
Akta Kelahiran (Foto: Cermati.com)

INDONESIATIMES - Akta kelahiran menjadi salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Akta kelahiran sendiri merupakan bentuk perlindungan dan pengakuan negara terhadap keberadaan dan status hukum atas identitas seseorang. 

Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, orangtua dan kewarganegaraannya. Tanpa memiliki akta kelahiran seseorang akan kurang terlindungi.

Baca Juga : Aplikasi Si Jaka Tuai Sorotan, Ini Respons Kajari Kabupaten Malang

Perlu diketahui, ada beberapa syarat untuk mengurus akta kelahiran anak terutama mereka yang sudah dewasa. 

Melansir melalui channel YouTube DISPERMADESDUKCAPIL PROVINSI JAWA TENGAH, syarat untuk membuat akta kelahiran anak salah satunya yakni membawa Kartu Keluarga (KK). 

"Dalam membuat akta kelahiran syarat utamanya adalah membawa surat keterangan kelahiran dan buku nikah," ujar pegawai Dukcapil dalam video.

Namun, diketahui orang zaman dahulu biasa tidak memiliki buku nikah dan mengabaikannya. Terlebih bagi mereka yang menikah siri. 

Lantas bagaimana 2 syarat itu tidak ada? Syarat tersebut bisa diganti dengan SPTJM kebenaran data kelahiran dan SPTJM data pasangan suami istri. SPTJM sendiri merupakan Surat Pertanggung Jawaban Mutlak. 

SPTJM sendiri sudah tertuang dalam PerMendagri Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. Sedangkan untuk mengurus akta kelahiran sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. 

Baca Juga : Tak Perlu Antri, BRI Sudah Siapkan e-From BRI Untuk Mengecek Kepastian BPUM

Sementara itu, dilansir dari laman resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, dijelaskan jika anak-anak yang dilahirkan dari pasangan suami istri yang tidak memiliki buku nikah, tetap berhak memiliki akta kelahiran. Hanya saja, akta yang dimiliki nantinya yang tercatat hanya nama sang ibu dan tanpa dicantumkan nama sang ayah.

Sedangkan untuk persyaratan pengurusan pembuatan akta kelahiran sama dengan syarat pada umumnya, dan ditambahkan dengan melampirkan surat pernyataan tidak ada ikatan perkawinan yang dibuat oleh ibu dari anak tersebut. Sementara untuk anak yang orang tuanya telah menikah secara sah namun belum memiliki buku nikah, disarankan untuk meminta surat keterangan dari KUA setempat.

Apabila cara tersebut tidak dapat dipenuhi, maka orang tua dari anak yang bersangkutan dapat melakukan itsbat nikah di pengadilan agama. Itsbat nikah merupakan permohonan pengesahan pernikahan yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sah dan memiliki kekuatan hukum. Jika permohonan itsbat nikah dikabulkan, maka hak suami/istri dan anak dari perkawinan tersebut akan dijamin. Termasuk kepemilikan akta kelahiran bagi anak-anak tersebut.

Topik
Akta Kelahiran syarat urus akta kelahiran akta kelahiran tanpa buku nikah

Berita Lainnya