Wedang Secang, Minuman Sehat saat Berbuka Puasa | Tulungagung TIMES

Wedang Secang, Minuman Sehat saat Berbuka Puasa

Apr 16, 2021 15:28
Tampak wedang secang buatan Adi Kuncoro. (Foto: Muhsin/TulungagungTimes)
Tampak wedang secang buatan Adi Kuncoro. (Foto: Muhsin/TulungagungTimes)

TULUNGAGUNGTIMES - Waktu berbuka puasa atau Magrib adalah saat yang ditunggu-tunggu bagi orang yang menjalankan ibadah puasa. Sudah bukan rahasia lagi, kalau  buka puasa didahulukan makan/minum yang manis, tapi alangkah lebih sempurna lagi selain manis juga sehat.

Iya, wedang Secang merupakan sebuah alternatif buka puasa yang manis dan menyehatkan. Dilihat dari komposisinya, minuman itu terdiri dari berbagai macam rempah-rempah seperti, serutan kayu secang, kayu manis, cengkeh, batang/daun serai, kapulaga, jahe dan gula batu/gula aren.

Baca Juga : Minggu Pertama Ramadan Penjualan Daging Ayam Menurun

Adi Kuncoro (50) salah satu warga Kecamatan Kedungwaru, mengaku sangat suka dengan minuman (wedang secang) itu, bahkan sebelum santap buka dan sahur, wedang secang menjadi menu pembukanya. "Sangat enak mas, apalagi kalau ditambah madu, jadi makin mantab dan sehat," kata Adi di Rumahnya. Jum'at (16/04/2021).

Menurut pengalamannya, pasca minum wedang secang, menimbulkan efek hangat pada tenggorokan dan badannya, itu karena pengaruh rempah-rempah yang ada dalam wedang secang.

Selain itu, lanjutnya, wedang secang juga membuat nafsu makan pria parih baya ini menjadi meningkat, dan tidak membuatnya gampang masuk angin. "Minuman ini memang cocok untuk usia diatas 40 tahun, seperti saya," imbuhnya.

Cara membuat wedang secang, kata Adi, bisa dibilang cukup simpel dan mudah. Pertama siapkan bahan-bahan wedang secang seperti kayu secang yang sudah diserut, dua ruas jahe merah atau putih, satu buah daun serai, gula aren atau gula batu, satu batang kayu manis, dua buah cengkeh, dan empat gelas air. Selanjutnya, masukkan bahan-bahan kemudian rebus hingga mendidih dan wedang secang sudah siap untuk dihidangkan.

Baca Juga : Pasar Takjil Kota Blitar Disambut Baik Masyarakat, Pemkot Siagakan Satpol PP

Untuk diketahui, secang mengandung senyawa bermanfaat seperti brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tannin, terpenoid, dan antrakinon. Selain itu secang memiliki kandungan asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, minyak atsiri serta kandungan zat yang khas sesuai namanya sappanchalcone dan Caesalpin P.

Jadi secang digunakan sebagai bahan minuman bukan tanpa alasan, karena  terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dipercaya mampu meningkatkan stamina.

Topik
berita tulungagung Kuliner Tulungagung daging ayam potong

Berita Lainnya