Awal Puasa, Coba Menu Hangat Bothok Lele yang Sederhana Ini Saat Sahur | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Awal Puasa, Coba Menu Hangat Bothok Lele yang Sederhana Ini Saat Sahur

Apr 12, 2021 19:27
Bothok lele yang rasanya enak saat di makan waktu sahur (Foto : Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Bothok lele yang rasanya enak saat di makan waktu sahur (Foto : Anang Basso/ TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Puasa pertama atau awal ramadan, biasanya membuat orang bingung menyiapkan menu sahur. Pasalnya, di hari sebelumnya orang belum menjalankan puasa dan berbuka.

"Ya kadang bingung mau bikin menu apa. Tapi kami punya kebiasaan bikin bothok yang jika dimakan sahur masih tetap panas," kata Riris (35) ibu rumah tangga di Tulungagung ini.

Baca Juga : Puluhan Supir Angkot Dapatkan Paket Sembako dari Si Jamal

Riris lantas memberi resep bothok lele yang menurutnya sangat enak dimakan saat sahur.

"Dapat dibuat sejak sore atau malam sebelum tidur. Nah setelah di kukus, matikan kompor lalu jangan dibuka," ujarnya.

Jika dibuka, rasa bothok akan berbeda. Namun jika dibiarkan dalam kukusan maka bothok lele akan terjaga lezatnya.

"Nanti saat bangun tidur dan bersiap santap sahur, tinggal memanaskan saja dan rasanya boleh dicoba. Apalagi, saat sahur makan dengan lauk yang panas akan lebih enak," tuturnya.

Resep bothok lele ini menurut Riris cukup sederhana dan mudah dibuat. Hanya perlu menyiapkan bumbu, misalnya untuk dua ekor lele ukuran sedang, Riris memberikan resep bothoknya dengan 5 cabe rawit, 1/2 ruas kunyit, sedikit lengkuas, garam, kemiri 5 buah, irisan tomat, bawang merah 6 siung, bawang putih 4 siung, gula secukupnya serta daun pisang untuk membungkus.

Baca Juga : Janda Sebatangkara Korban Gempa dapat Bantuan Bupati Trenggalek

"Bumbu itu dihaluskan lalu dicampur dengan santan, bisa santan asli kelapa atau yang instan. Lalu dibungkus dengan daun pisang tadi dan dikukus," ungkapnya.

Dengan cara yang sederhana ini, Riris memastikan jika hasil masakan akan dapat menambah selera makan saat sahur dan membuat puasa menjadi semangat dan sehat. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sahur menu sahur

Berita Lainnya