Janda Sebatangkara Korban Gempa dapat Bantuan Bupati Trenggalek | Tulungagung TIMES

Janda Sebatangkara Korban Gempa dapat Bantuan Bupati Trenggalek

Apr 12, 2021 18:52
Bupati Trenggalek memberikan bantuan untuk korban bencana gempa bumi (Foto: Dokumentasi JatimTimes)
Bupati Trenggalek memberikan bantuan untuk korban bencana gempa bumi (Foto: Dokumentasi JatimTimes)

TRENGGALEKTIMES - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin serahkan bantuan perbaikan rumah kepada Mbah Darmi, janda sebatangkara asal Desa Ngadisoko, Kecamatan Durenan, Senin (12/4/2021).

Bersinergi dengan BAZNAS Trenggalek, ia menyerahkan bantuan bedah rumah senilai Rp 10 juta. Dengan harapan Mbah Darmi bisa segera membangun hunian untuk dirinya tinggal.

Baca Juga : Tim Dewi Ngubalan Bersama Bupati Ngawi Temui Sandiaga Uno

"Semoga dengan bantuan ini mbah Darmi segera menempati rumahnya kembali," jelasnya saat meninjau keadaan salah satu korban gempa bumi yang terjadi Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Bupati dengan sapaan akrab Mas Ipin menuturkan, Mbah Darmi merupakan salah satu korban bencana alam gempa bumi di Trenggalek. Hampir seluruh bangunan rumahnya rata dengan tanah, akibatnya Mbah Darmi harus menumpang di rumah tetangganya sementara waktu.

"Sungguh kasihan menjelang puasa kalau kita bingung besok mau sahur dan buka apa, tapi beliau bingung harus tinggal di mana," tutur Mas Ipin.

Tak hanya memberi bantuan, Mas Ipin juga segera memperbaiki rumah salah satu korban gempa ini. Menurutnya pondasi rumah sudah kuat, tinggal temboknya perlu diberi penguat lagi.

"Kita tidak akan membongkar bangunan yang ada, kita manfaatkan pondasinya dan tinggal kita perkuat tembok dan penyangganya," paparnya.

Tidak selesai di situ, Pemkab Trenggalek juga akan membangun kamar mandi dan dapur di dalam rumah. Karena dua komponen ini berada di luar rumah sebelumnya. Hal ini untuk memudahkan aktivitas Mbah Darmi sehari-hari.

Baca Juga : Bupati Salwa Lepas PNS Purna Tugas

"Saya mau nanti bekas kamar mandi dan dapur bisa dijadikan rumah pangan lestari, sehingga harapannya nanti bu Darmi bisa beraktivitas di halaman rumahnya, di pekarangan rumahnya," ujarnya.

Mas Ipin menambahkan, pihaknya masih terus melakukan pengumpulan data. Untuk kerusakan berat, kerusakan sedang hingga kerusakan ringan. Bahkan ia menetapkan darurat bencana gempa bumi di Trenggalek. Dengan penetapan darurat bencana ini diharapkan penanganan bencana gempa bumi ini bisa dilakukan secara lebih masif lagi. Bahkan, dengan melibatkan semua lintas sektor terkait.

"Saat ini Sekda Trenggalek sedang merapatkan bencana ini dengan BPBD. Tujuannya untuk mengidentifikasi langkah-langkah lebih lanjut yang akan dilakukan pasca bencana," pungkasnya.

 

Topik
Bupati Trenggalek bantuan korban gempa Bedah Rumah Berita Trenggalek janda sebatangkara

Berita Lainnya