Kendalikan Covid-19, Wabup Blitar Dorong Satgas Covid-19 Tingkat Desa Jadi Garda Terdepan | Tulungagung TIMES

Kendalikan Covid-19, Wabup Blitar Dorong Satgas Covid-19 Tingkat Desa Jadi Garda Terdepan

Apr 06, 2021 15:39
Wabup Blitar Rahmat Santoso memimpin monitoring dan pembinaan Satgas Covid-19 Tingkat Desa.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Wabup Blitar Rahmat Santoso memimpin monitoring dan pembinaan Satgas Covid-19 Tingkat Desa.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Blitar Rahmat Santoso mendorong Satgas Covid-19 di tingkat desa menjadi garda terdepan pengendalian dan pencegahan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Wabup saat monitoring dan pembinaan Satgas Covid-19 di Kecamatan Binangun dan Kecamatan Wates, Selasa (6/4/2021). 

Dikatakan Rahmat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus berupaya mengendalikan dan mencegah penularan Covid-19. Diantaranya dengan melaksanakan monitoring dan pembinaan Satgas Covid-19 di tingkat desa dan keluruhan. 

Baca Juga : Bupati Pamekasan Fokuskan Dana CSR untuk Kembangkan Usaha Rakyat

“Keberadaan Satgas Covid-19 di tingkat desa ini sangat penting. Mereka adalah kelompok yang setiap hari berada di tengah-tengah masyarakat. Karena dekat, mereka yang paling tahu perkembangan Covid-19 di lingkungannya,” kata Rahmat. 

Dalam kunjunganya kali ini, banyak yang disampaikan Wabup Rahmat kepada Satgas Covid-19 di tingkat desa . Diantaranya antisipasi mudik lebaran. Dirinya meminta agar Satgas di tingkat desa memaksimalkan peran dan fungsinya sebagai pusat perencanaan, koordinasi pengendalian dan evaluasi penanganan Covid-19 dalam skala mikro.

“Libur ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang sangat perlu diantisipasi. Nah, di sinilah peran dan posko Covid-19 perlu untuk dimaksimalkan. Dimaksimalkan dalam arti posko Covid-19 ini dimasifkan sebagai pusat perencanaan, koordinasi pengendalian dan evaluasi penanganan Covid-19 dalam skala mikro,” tukasnya. 

 Salah satu yang harus diwaspadai posko Covid-19 di tingkat desa, lanjut Rahmat, adalah meningkatkan pengawasan kepada para pendatang. Dalam hal ini, Posko desa harus memantau mobilitas warganya maupun pendatang yang masuk ke wilayahnya.

“Jika perlu tamu diwajibkan melapor. Sehingga bisa dilakukan tracing mengenai asal dan kesehatan yang bersangkutan,” imbuhnya.

Baca Juga : Resmi, BPJAMSOSTEK Blitar Lindungi Pekerja Disabilitas

Rahmat juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. Dalam hal ini, dirinya meminta protokol kesehatan 5 M tetap harus disiplin dijalankan. 

“Mencuci tangan menggunakan sabun cair di air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dengan upaya pencegahan semacam ini, diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 pada ramadan dan Idul Fitri mendatang,” tandasnya (ADV). 

 

Topik
wabup blitar satgas covid 19 tingkat desa desa garda terdepan berita covid 19 blitar

Berita Lainnya