Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Stok Darah Menipis, LPM Kelurahan Kauman Adakan Donor Darah

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2021, 14:36

Pendonor darah dalam kegiatan LPM Kelurahan Kauman Tulungagung. (Foto: Darusman for TulungagungTIMES)
Pendonor darah dalam kegiatan LPM Kelurahan Kauman Tulungagung. (Foto: Darusman for TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Prihatin dengan stok darah yang menipis di PMI Kabupaten Tulungagung, Sabtu (30/04/2021), warga Kelurahan Kauman menggelar donor darah.

Acara yang ditempatkan di Apotek Kauman ini diadakan dan diinisiasi oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kauman bekerja sama dengan PMI Tulungagung.

Baca Juga : Terserang Batuk dan Pilek, Warga Bago Tulungagung Ditemukan Tewas Membusuk di Dalam Gubuk

Menurut ketua panitia kegiatan, Hafid donor darah yang dilakukan warga merupakan respons cepat dari para anggota LPM dalam melihat kondisi pandemi covid-19 ini. "Juga melihat kebutuhan stok darah di PMI yang semakin menipis. Jadi, kami peduli dengan aksi donor darah,” kata dia.

Hafid juga menyampaikan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan paling realistis dan strategis pada masa pandemi karena stok darah di PMI menurun.

"Saat ini stok darah di PMI menurun. Sedangkan kebutuhan darah di rumah sakit cenderung terus meningkat” ujar koordinator sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini.

Sementara itu, Darusman yang merupakan ketua LPM kelurahan Kauman sangat mengapresiasi inisiasi yang coba dikembangkan oleh anggota LPM. Menurut advokad senior di Tulungagung Ini, LPM di kelurahannya akan selalu mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di masa pandemi.

“Bisa dipahami di masa pandemi ini memang sangat dibutuhkan stok darah untuk penyakit tertentu di beberapa rumah sakit di Tulungagung. Kegiatan masyarakat juga sangat dibatasi serta masyarakat takut keluar rumah karena takut terinfeksi covid-19. Maka dari itu bisa dikatakan para anggota LPM ini jemput bola para pendonor darah,” ujarnya.

Baca Juga : Tabrakan Truk Muatan Batu dengan Kereta Api di Blitar, Sopir Luka Parah

Lebih lanjut, ketua LPM juga berharap antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini serta berterima kasih kepada pihak-pihak yang berkontribusi terhadap kelancaran kegiatan sosial ini.

Meski sukses, Darusman mengaku tidak bisa berpuas diri terhadap terselenggaranya acara ini. “Ini merupakan program awal beberapa kegiatan sosial yang akan diadakan oleh LPM Kelurahan Kauman. Kami akan terus berinovasi serta terus mengabdi kepada masyarakat dengan sepenuh tenaga serta jiwa kami," ungkap Darusman.

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy