Inilah Kisah Asal Mula Nama Surabaya, Pertengkaran Hiu dan Buaya | Tulungagung TIMES

Inilah Kisah Asal Mula Nama Surabaya, Pertengkaran Hiu dan Buaya

Mar 23, 2021 11:17
Surabaya (Foto:  PT Solutiva Consulting Indonesia)
Surabaya (Foto: PT Solutiva Consulting Indonesia)

INDONESIATIMES - Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Surabaya juga menjadi ibu kota Jawa timur.  

Selain itu, Surabaya memiliki simbol berbentuk tugu yang dikelilingi ikan suro (hiu) dan buaya. Tugu itu menunjukkan ikan hiu suro dan buaya yang sedang bertarung.  

Baca Juga : Wakil Ketua BMI Tulungagung Anggap Ada Pembajakan di Internal soal Pengisian Wabup

Lantas bagaimana sebenarnya kisah  asal-usul muncul nama Surabaya itu? Dari cerita rakyat yang dikenal, nama Surabaya berasal dari ikan hiu Sura dengan buaya Baya. Mereka berkelahi hanya untuk berebut mangsa.

Keduanya sama-sama kuat, tangkas, cerdik, ganas, dan rakus. Berkali-kali mereka berkelahi, belum pernah ada yang menang ataupun kalah hingga akhirnya mereka membuat sebuah kesepakatan.

Kesepatakan itu yakni dengan pembagian wilayah kekuasaan. Maka tidak ada lagi perkelahian antara Sura dan Baya. 

Keduanya pun sepakat untuk menghormati wilayah masing-masing. Namun suatu hari, Sura mencari mangsa di sungai. 

Hal itu dilakukan Sura dengan sembunyi-sembunyi agar Baya tidak mengetahui. Tetapi pada suatu hari, Baya memergoki perbuatan Sura. 

Mengetahui hal itu, tentu saja Baya sangat marah melihat Sura melanggar janjinya. Dalam pertarungan dahsyat ini, Baya mendapat gigitan Sura di pangkal ekornya sebelah kanan. 

Dilansir melalui channel YouTube Unik dan Lucu Dunia, ditunjukkan kisah nyata bagaimana seekor hiu dengan buaya yang berkelahi hanya untuk berebut mangsa.  Keduanya memang sama-sama rakus untuk berebut mangsa. 

Buaya sendiri merupakan hewan yang sangat menakutkan. Bukan mangsa kecil saja yang berhasil ia tangkap. Hewan besar pun bisa mereka santap.  

Image
YouTube Unik dan Lucu Dunia

Di video itu juga ditunjukkan  momen buaya air asin yang dikejar  seekor hiu. Awalnya, buaya itu berenang sambil membawa makanannya.  

Baca Juga : Resmob Polres Kediri Kota Gerebek Panti Pijat Yulia Massage

Di sisi lain, tampak seekor hiu yang menghampiri buaya. Hingga akhirnya, hiu itu menyerang buaya dengan menggigit ekornya.  

Sontak saja, buaya kaget dan menepi ke pinggir pantai. Hiu pun meninggalkan buaya yang menikmati mangsanya di tepi pantai.

 Tak cuma itu. Ada video lain yang juga menunjukkan aksi buaya dan hiu yang berbut mangsa.   Awalnya, Christian Kennedy dan Jadranko Silic memancing di Pantai Cimberly. Saat sedang membuang sisa ikan, mereka melihat buaya air tawar yang mendekat.  

Image
YouTube Unik dan Lucu Dunia

Padahal di sekitar mereka juga sudah ada beberapa hiu yang menunggu potongan ikan. Dilansir dari Sevennews, hiu dan buaya akhirnya sama-sama menerkam mangsa ikan yang ada.  

Tampak di video itu, terjadilah lagi pertarungan antara buaya dan hiu. Seakan tak ingin bertarung lama-lama, buaya itu akhirnya memilih mangsa yang lebih besar.  

Tak lain dan tak bukan, buaya itu langsung menerkam ikan hiu yang menjadi duelnya. Buaya pun membawa tubuh hiu itu untuk disantap. Akhirnya duel itu pun berujung dengan kekalahan hiu.

Topik
Kota Surabaya Kisah Surabaya Pertarungan Hiu dan Buaya

Berita Lainnya