Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral Momen Haru "Wanita Tentara" Diberi Nama "Lanang" oleh Istri KSAD Andika

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

19 - Mar - 2021, 08:31

Momen pemberian nama baru untuk Aprilia Manganang. (Foto: TikTok @sadboi.tambun)
Momen pemberian nama baru untuk Aprilia Manganang. (Foto: TikTok @sadboi.tambun)

INDONESIATIMES - Ada momen haru saat  mantan atlet voli nasional yang kini menjadi anggota TNI AD, Serda Aprilia Manganang, berganti nama. Bahkan nama baru Aprilia Manganang diberikan langsung oleh Hetty Andika Perkasa, istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.  

Seperti diketahui, Aprilia sejak lahir menjadi “wanita” sampai memperkuat tim nasiomal putri Indonesia dan menjadi tentara. Namun, akhirnya Aprilia dinyatakan sebagai lelaki lewat pemeriksaan medis. Dia divonis mengalami hipospadia.  kSAD Andika Perkasa yang mengumumkan bahwa Aprilia adalah laki-laki.

Baca Juga : SPBU Mayjen Sungkono Malang Terbakar, Satu Mobil Hangus

 

Momen haru pemberian nama baru itu sampai menjadi viral di TikTok. "Saya ini seorang ibu yang selalu mendoakan anak-anaknya yang baik-baik. Nah saya ingin memberi nama untuk Manganang, kalau Manganang mau. Mau saya kasih nama?" ujar Hetty melansir melalui channel YouTube TNI AD.  "Siap," jawab Aprilia Manganang.  

Sembil menahan air mata, Hetty menjelaskan bahwa nama yang diebrikan untuk  Aprilia didapat melalui doa.  

Image
Foto: YouTube TNI AD

Nama itu diberikan Hetty dengan harapan Aprilia bisa menjadi lelaki yang sejati. "Saya kasih namanya dengan doa. Jadi, saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi, saya berharap dengan nama Lanang ini, Manganang jadi lelaki sejati," ungkap Hetty.

Dalam video berjudul "Bentuk Perhatian serta Dukungan Kasad dan Ketua Umum Persit KCK kepada Serda Manganangā£",  Hetty juga mengungkap permintaannya kepada sang suami, Jenderal Andika Perkasa, untuk mendidik Manganang menjadi laki-laki yang bisa dibanggakan kelak. 

"Saya kemarin bilang sama Bapak, saya ingin Bapak mendidik Lanang untuk menjadi lelaki yang bisa menjadi kebanggaan saya," ujar ketua umum Persit Kartika Chandra Kirana itu.

Image
Foto: YouTube TNI AD

Lebih lanjut, dengan terbata-bata dan berurai air mata, Hetty memastikan dirinya dan suami akan membantu Manganang untuk menjadi seorang pria sejati. "Memilih nama ini tidak gampang. Karena ini adalah doa saya, mendoakan kamu supaya menjadi lelaki sejati. Lelaki sejati sesuai kodrat yang Tuhan buat untuk kamu," tutur Hetty.

Baca Juga : Pendapa Kabupaten Kediri Punya Nama Baru: Panjalu Djayati

 

"Karena kamu lahir sebagai lelaki. Kamu lahir sebagai lelaki, dan saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang Tuhan lahirkan kamu sebagai laki-laki," lanjutnya.  

Video : Bentuk Perhatian Serta Dukungan Kasad dan Ketua Umum Persit KCK Kepada Serda Manganang


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy