Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Disdikpora Pastikan Sekolah di Tulungagung Siap Hadapi Perubahan UN ke Asesmen Nasional

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

18 - Mar - 2021, 22:05

Haryo Dewanto, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung. (Foto:  Anang Basso/TulungagungTIMES)
Haryo Dewanto, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung. (Foto: Anang Basso/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Kepastian dihapusnya ujian nasional (UN) yang akan diganti menjadi asesmen nasional (AN) terus disosialisasikan pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tulungagung. Kapala Disdikpora Kabupaten Tulungagung Haryo Dewanto menegaskan saat ini pihaknya terus berbenah diri.

"Pemberlakuan asesmen nasional ini akan menjadi paradigma baru. Tidak hanya bagi siswa namun juga sebagai evaluasi mutu pendidikan kita," kata pria yang akrab dipanggil Yoyok ini, Kamis (18/03/2021).

Baca Juga : Turun ke Desa, MUI Glagah Bangun Sinergi dan Pererat Ukhuwah Islamiyah

Untuk mencapai itu, Yoyok menjelaskan Disdikpora melalukan persiapan penerapan asesmen nasional ini karena sebagai pengganti ujian nasional tahun ini. “Terus kami sosialisasikan terkait perubahan ini. Setiap sekolah kami berikan pemahaman bahwa pergantian UN menjadi AN semata-mata untuk pemetaan mutu pendidikan,” ungkapnya.

Asesmen nasional terdiri dari tiga bagian. Yakni asesmen kompetensi umum (AKM), survei karakter,  dan survei lingkungan belajar. "Pihak sekolah nantinya tidak lagi mengevaluasi capaian anak didik secara individu, namun lebih pada evaluasi pemetaan atas input, proses dan hasil," jelas Yoyok.

Sekolah dan madrasah di Kabupaten Tulungagung disebutkan telah dipastikan siap untuk suksesnya program dari Kemendiknas ini. “Kami terus melakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi ke seluruh sekolah atas perubahan UN ke AN ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim resmi mengganti ujian nasional 2021 menjadi asesmen nasiona.  Penerapan asesmen nasional ini akan berlaku bagi tingkat pendidikan dasar hingga menengah.

Baca Juga : Musrenbang dan RPJMD Rampung, Ketua DPRD Trenggalek Sesuaikan Visi Misi Bupati

Asesmen nasional dirancang tidak hanya sebagai pengganti ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional, namun sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.

 


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy