Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

5 Prioritas Pembangunan, Bupati Tulungagung Fokuskan Peningkatan SDM

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Dede Nana

18 - Mar - 2021, 16:56

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai pembukaan Musrenbang RKP di Hotel Crown Victoria. (Foto: Muhsin/TulungagungTimes)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai pembukaan Musrenbang RKP di Hotel Crown Victoria. (Foto: Muhsin/TulungagungTimes)

TULUNGAGUNGTIMES - Pemerintah pusat telah menentukan 5 prioritas pembangunan nasional untuk dilaksanakan di daerah, termasuk Kabupaten Tulungagung. 5 program prioritas pembangunan yang dimaksud antara lain, peningkatan sumberdaya manusia (SDM), infrastruktur, regulasi dan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Arahan prioritas pembangunan itu digunakan sebagai acuan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah (Musrenbang RKP) di Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Bupati Salwa Minta Kades dan Lurah Semangat Tekan Covid-19 melalui PPKM Skala Mikro

"Musrenbang tahun 2021, ditetapkan 5 program prioritas sesuai arahan pemerintah pusat. 5 program yang dibahas dititik beratkan pada sumberdaya manusia," Kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kamis (18/3/2021).

Dijelaskan olehnya, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tulungagung Tahun 2021, digunakan untuk menyusun RKP Pembangunan tahun 2022. Selain itu, faktor pandemi Covid-19 juga berpengaruh terhadap RKP yang dibahas saat ini. Maka dari itu ia berharap pandemi Covid-19 bisa segera berakhir.

“Karena kita tahu di masa pandemi ini akan berpengaruh pada apa yang kita susun ini terhadap kegiatan pada tahun 2022 nantinya,” ujarnya.

Terkait penyusunan RKP bidang infrastruktur, lanjutnya, ada beberapa hal yang menjadi prioritas, antara lain rehabilitasi atau perbaikan jalan, lingkungan, dan saluran-saluran.

"Untuk Jalan Lintas Selatan (JLS) tetap berjalan. Apalagi Proyek JLS ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sekarang ini kurang 27-an kilometer,” ungkapnya.

Baca Juga : Pimpin Panen Raya Padi Hidroganik, Bupati Rini Dorong Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Untuk itu, kata Maryoto, apapun yang terjadi JLS harus diselesaikan. Persoalan tanah milik Perhutani akan dibebaskan Pemerintah Kabupaten dan anggaran pembebasan tanah sudah disiapkan.

“Selesainya proyek ini, nantinya sangat memberikan manfaat besar pada masyarakat terlebih penguatan ekonomi pada sektor pariwisata,” tutupnya.

Diketahui, Musyawarah Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah (Musrenbang RKP) Tulungagung dilaksanakan hari ini, Kamis (18/3/2021) di Hotel Crown Victoria dan dibuka secara langsung oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Dede Nana