Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Pencairan BPNT di Tulungagung Mundur dari Jadwal, Ini Masalahnya

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

06 - Mar - 2021, 20:12

Surat dari Kemensos terkait mundurnya penyaluran BPNT (Foto : Ist)
Surat dari Kemensos terkait mundurnya penyaluran BPNT (Foto : Ist)

TULUNGAGUNGTIMES - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Tulungagung untuk bulan Maret 2021, dipastikan molor. Mundurnya bantuan pangan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini diberitahukan ke seluruh Pendamping/Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan untuk diteruskan ke seluruh agen penyalur (e-Warung).

Salah satu TKSK, Muhamad Imron yang merupakan pendamping di Kecamatan Boyolangu membenarkan mundurnya pencairan bantuan di bulan ini.

Baca Juga : Harga Cabai Mahal, Petani Tulungagung: Sebanding dengan Usaha Keras Kami

"Benar, ada surat dari Kementerian Sosial bahwa untuk bulan Maret ini ada perbaikan data KPM," kata Imron, Sabtu (6/3/2021).

Perbaikan data KPM ini bukan bagian dari graduasi, namun karena ada validasi NIK dan nama KPM oleh Kemensos untuk menertibkan antara penerima BPNT dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Karena masih dalam perbaikan, pihak bank penyalur, disebutkan Imron, belum menerima transfer dana untuk KPM sehingga penyaluran harus mundur.

"Hanya mundur saja. Biasanya dari awal bulan sekitar tanggal 5 sudah ditranfer ke KPM. Mungkin pertengahan bulan KPM baru menerima transfer," jelasnya.

Pemberitahuan mundurnya pencarian ini juga dimaksud agar e-Warung tidak belanja terlebih dahulu sebelum kementerian memberitahukan jadwal pencairan ke masing-masing Dinas Sosial Kabupaten dan Kota.

Baca Juga : Impor Beras 1 Juta Ton, Pernyataan Jokowi Benci Produk Asing Kontradiktif?

Dari surat Kementerian Sosial yang diterima media ini, mundurnya pencairan ini juga terjadi di 12 Provinsi di Indonesia.

Terpisah, wartawan mencoba untuk meminta klarifikasi ke Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung Suyanto. Sayangnya, sampai berita ditulis Suyanto belum memberikan jawaban terkait hal itu.

 


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana