Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Lingkungan

Aksi Offroader Tanam 500 Pohon di Gunung Klotok Kediri

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

06 - Mar - 2021, 19:13

Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPLH) Kediri menggelar aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok, Kota Kediri. Dalam kegiatan ini juga diadakan bakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat, Sabtu (6/3/2021). (Foto: Ist)
Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPLH) Kediri menggelar aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok, Kota Kediri. Dalam kegiatan ini juga diadakan bakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat, Sabtu (6/3/2021). (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Sebagai upaya untuk terus menjaga kelestarian alam, puluhan anggota Offroader Kediri, Komunitas Trail Kediri dan puluhan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPLH) Kediri menggelar aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok, Kota Kediri. 

Dalam kegiatan ini juga diadakan bakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga : Jalur Kediri-Batu Dibangun Plengsengan, Kendaraan Roda Empat Tak Bisa Lewat

Ridwan Sahara, juru bicara Offroader mengatakan, bahwa aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok ini adalah bentuk kepedulian para offroader terhadap lingkungan. Menurutnya, para offroader telah berjanji untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, terutama di kawasan Gunung Klotok.

"Bersama teman trail dan teman-teman offroad kita komitmen, tidak hanya main-main hobi, tetapi juga menjaga alam, melestarikan alam. Kepeduluan kita kepada alam, kita wujudkan kalau kita melihat jalur kurang pas, atau pohon gersang, kita tanami. Termasuk hari ini kita agendakan bersama alam lestari untuk menanam pohon yang kelihatan tua dan gersang. Harapan kita imbang antara hobi dengan melestarikan alam bisa terwujud," kata Ridwan Sahara.

Menurutnya, komunitas Trail dan Offroad juga bersinergi dan bekerja sama dengan para komunitas pencinta lingkungan yang ada di kota maupun di Kabupaten Kediri untuk penanaman pohon. Aksi kepedulian ini, bukan kali yang pertama, tapi sudah beberapa kali.

Dalam agenda kali ini, sebanyak 500 pohon seperti pohon buah duku, matoa, dan mahoni ditanam di petak 137. Di mana, terdapat jalur offroad yang setiap Sabtu dan Minggu selalu dilewati untuk menyalurkan hobi para offroader. Aksi tanam hari ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto.

Senada disampaikan Gus Gendeng, mewakili Komunitas Trail Kediri. Menurutnya, alam dan lingkungan harus selalu dijaga oleh siapa pun.

"Karena bila tidak dijaga, tentunya alam akan rusak dan bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor seperti yang baru terjadi di Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Mari kita mencintai alam sebagai salah satu mahkhuk ciptaan Tuhan juga," katanya.

Terpisah, Ari Purnomo Adi Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) Kediri sangat mengapresiasi aksi tanam pohon yang dilakukan oleh para offroader dan komunitas trail di Kediri ini.

Baca Juga : Impor Beras 1 Juta Ton, Pernyataan Jokowi Benci Produk Asing Kontradiktif?

"Hari Minggu (28/3/2021) lalu, kami telah digandeng PWI Kediri untuk melakukan reboisasi dan revitalisasi sumber air di Gunung Klotok dalam rangka peringatan HPN tahun 2021. Tentunya aksi tanam kemarin itu pasti ada yang terlewatkan. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan offroader dan komunitas trail yang menyulam dan menanami lahan yang terlewati tersebut," kata Ari.

"Maka dari itu, semakin banyak orang yang peduli salah satunya diwujudkan dengan menanam pohon di Gunung Klotok, maka mata air yang ada di Gunung Klotok bisa tetap hidup dan berguna bagi masyarakat sekitar," tambah aktivis lingkungan itu.

Untuk diketahui, Gunung Klotok menyimpan sedikitnya 22 sumber mata air yang sangat diperlukan oleh masyarakat sekitar. Selain itu, gunung dengan 537 mdpl ini menjadi paru-paru Kota Kediri serta menyimpan banyak peninggalan sejarah kerajaan.

 


Topik

Lingkungan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana