Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gerakkan Ekonomi, Pelaku UMKM di Surabaya Minta Pemerintah Segera Berikan Vaksinasi

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Pipit Anggraeni

05 - Mar - 2021, 18:56

Wahyu pelaku UMKM di Surabaya
Wahyu pelaku UMKM di Surabaya

SURABAYATIMES – Program vaksinasi dari Pemerintah pusat yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah di daerah, termasuk Pemprov Jatim dan Pemkot Surbaya, akan membawa harapan baru bagi masyarakat, termasuk pelaku UMKM.

Pasalnya, rasa aman para pelaku usaha dan konsumen dari paparan pandemi covid-19 menjadi persoalan yang mutlak dan wajib diantisipasi. Sementara roda perekonomian juga harus tetap bangkit. Maka vaksinasi menjadi kunci kembalinya beraktivitas normal.

Baca Juga : Segera Sekolah Tatap Muka, Ribuan Guru di Kediri Lakukan Vaksinasi Covid-19

Dikatakan oleh Kusnan Hadi, Kordinator Paguyuban Pedagang Makanan Surabaya, bahwa UMKM juga menjadi kelompok masyarakat yang harusnya mendapatkan skala prioritas untuk vaksinasi. Karena terbukti bisa menjadi penyangga perekonomian daerah.

“Para pedagang kecil telah terbukti mampu bertahan (survive) meski di tengah pandemi. Untuk itu kami berharap kepada pemangku kebijakan agar bisa segera memberikan vaksin. Kami mendukung penuh upaya vaksinasi tersebut,” ucap Kusnan Hadi, Jumat (05/03/2021).

Kusnan menyebut jika pandemi covid-19 ini sangat berdampak terhadap kelangsungan pedagang kecil (UMKM) yang keberadaannya hampir di seluruh wilayah Kelurahan dengan jumlah yang sangat besar.

“Program Vaksin yang kami dapatkan tentu akan menimbulkan kepercayaan diri bagi pelaku usaha dan konsumen yang akan melakukan transaksi, sehingga perekonomian bisa kian bergerak,” tandasnya.

Namun demikian, Kusnan juga tetap meminta kepada seluruh anggota dan UMKM lain untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, meski nanti telah mendapatkan vaksinasi.

“Saya yakin teman-teman UMKM, juga akan tetap menerapkan prokes nantinya. Walaupun sudah divaksin,” tambahnya.

Kusnan berpendapat jika pelaku UMKM adalah masyarakat dengan risiko tinggi terhadap paparan covid-19. Karena pekerjaannya berhadap langsung dengan konsumen.

“Para pelaku UMKM seperti kami ini sangat riskan terpapar Covid-19 karena sering berhadapan dengan masyarakat utamanya pembeli. Diakui maupun tidak, kami para pelaku usaha kecil ini juga bagian dari pelayan publik,” tutur pemilik Angkringan Bala Dewa ini.

Hal senada dikatakan, salah satu pelaku UMKM, Wahyu Darmawan, yang mengatakan jika pihaknya berharap program vaksinasi ini bisa kian membangkitkan ekonomi yang terdampak selama pandemi.

Baca Juga : Rencana Kerja Prioritas Disdikbud Jombang 2022, dari Gedung Kesenian, Seragam Gratis hingga Perbaikan Sarpras Sekolah

Dengan vaksinasi terhadap pelaku UMKM, utamanya pedagang kecil, akan berimbas kepada masyarakat yang tidak perlu lagi ragu untuk melakukan aktivitas ekonomi.

“Apalagi warung atau tempat usaha itu dipasangi stiker atau banner yang menyebutkan kalau para pegawainya sudah di vaksin. Sehingga ketika ada pembeli yang mau datang ke kedai, warung atau angkringan itu tidak akan takut,” katanya.

“Justru merasa nyaman karena tahu kalau pedagangnya sudah divaksin. Kalau ada pembeli yang datang, maka ada transaksi, dan secara otomatis roda perekonomian akan berputar dan Insya Allah bisa pulih kembali,” imbuh pemilik Kedai Ketan Punel ini.

Mantan wartawan ini juga menyebut, jika saat ini banyak pelaku UMKM yang terdampak akibat pendami Covid-19. Hal itu menyebabkan hasil produksinya atau omzetnya menurun. Dikarenakan daya beli masyarakat berkurang.

“Banyak pelaku UMKM yang mengeluh permintaan atau penjualannya menurun selama pandemi. Meskipun demikian, kami para pelaku UMKM harus tetap bertahan,” tandas Wahyu.

Menurut pria asal Kota Pecel ini, memberikan prioritas vaksinasi kepada pengusaha mikro dan UMKM, juga merupakan semacam bentuk empati dan dukungan agar mereka dapat bertahan dan tumbuh kembali.

“Biar kami terus semangat untuk berdagang dan bisa terus bertahan. Tentunya akan menimbulkan rasa aman bagi kami selaku para pelaku usaha dan konsumen dalam melakukan transaksi,” imbuhnya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Pipit Anggraeni