Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kutorenon Dilanda Banjir Terparah, BPBD Lumajang Dirikan Dapur Umum

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

28 - Feb - 2021, 01:33

Ketinggian air menuju dusun Biting desa Kutorenon Kecamatan Sukodono (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Ketinggian air menuju dusun Biting desa Kutorenon Kecamatan Sukodono (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

LUMAJANGTIMES - Selain banjir akibat meluapnya Kali Asem yang menyebabkan genanangan di sejumlah tempat, Kali Bondoyudo juga menyebabkan genangan cukup parah disejumlah titik. 

Menurut salah seorang warga, di sekitar Situs Biting genangan air sejak pukul 21.00 ada yang mencapai satu meter.

Baca Juga : Kali Asem Meluap, Bupati Lumajang Minta Warga Waspada

Malam ini, minggu (28/2) jalur masuk kota Lumajang mendapat penjagaan dari aparat kepolisian dan TNI. Penjagaan ini dilakukan untuk meminta warga kembali ke arah kota, karena jalur di Seluk Besuki Kecamatan Sukodono Lumajang, genangan air mulai semakin tinggi.

"Ke utara sedikit sudah sampai lutut pak, jadi untuk kendaraan motor kita arahkan untuk kembali saja, karena semakin ke utara genangan airnya makin tinggi," kata salah seorang anggota TNI yang berjaga di Jalan Soekarno Hatta, rusa jalan yang menghubungkan kota Lumajang ke arah utara.

Sementara beberapa warga sudah mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman dengan membawa sebagian barang-barangnya.

Dedy Firmansyah anggota DPRD dari Partai Hanura yang juga warga desa Kutorenon menjelaskan, ketinggian air di beberapa titik bervariasi, namun jalan masuk menuju Kutorenon di pertigaan Wonorejo sudah tidak bisa dilalui sejak pukul 22.00.

"Kalau masu ke dusun Biting motor harus ditinggal dipinggir jalan besar mas, untuk masuk harus jalan kaki, karena ketinggian air sudah setinggi lutut. Makin masuk semakin permukaan airnya," kata Deddy Firmansyah.

Baca Juga : Ini Kata Bupati Thoriqul Haq Soal Perhunanan Sosial di Lumajang

Sementara BPBD Lumajang malam ini langsung mendirikn dapur umum yang ditempatkan di kantor Kecamatan Sukodono Lumajang.

"Kita malam ini menyiapkan 500 nasi bungkus, tapi jika diperlukan kita akan terus memasak agar warga terdampak bisa kita kirim makanan," kata petugas BPBD di dapur umum.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya