Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Puan Maharani Masuk Survei Capres, Kalah Tipis dari UAS dan Habib Rizieq

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

22 - Feb - 2021, 13:52

Habib Rizieq dan Puan Maharani (Foto: Pikiran Rakyat)
Habib Rizieq dan Puan Maharani (Foto: Pikiran Rakyat)

INDONESIATIMES- Nama Ketua DPR RI Puan Maharani baru-baru ini kembali menjadi sorotan. Pasalnya, elektabilitas Puan sebagai calon presiden lebih rendah dari Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Rizieq Shihab.  

Hal itu diketahui melalui hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dilakukan pada 3 hingga 8 Februari 2021 lalu. Meski tak memiliki pengalaman sebagai pejabat pemerintahan, Ustaz Abdul Somad justru memiliki elektabilitas cukup tinggi yakni 1,6 persen.  

Baca Juga : Pendaftaran Jalur SNMPTN Tinggal 3 Hari, Khofifah Optimis Angka Kelolosan Siswa Jatim Tinggi

Sedangkan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab memiliki elektabilitas sebesar 0,8 persen. Puan yang juga merupakan Ketua DPP PDIP dan berkecimpung di dunia politik justru hanya mendapat elektabilitas 0,7 persen.  

Sementara, tokoh dengan elektabilitas capres tertinggi diduduki oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.  Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi kedua dengan 11,9 persen.  

Lalu di posisi ketiga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 11,3 persen dan diikuti Gubernur Jabar Ridwan Kamil 4,1 persen.

Ada pula nama Menteri Sosial Tri Rismaharini mendapat 4,0 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,8 persen. Elektabilitas Puan itu rupanya jauh berbeda dengan elektabilitas partainya yakni PDIP. Dari hasil survei jika pemilu digelar pada saat survei berlangsung, partai berlogo kepala banteng itu berpotensi meraih 25,1 persen suara.  

Hasil itu tentu jauh di atas elektabilitas partai-partai lain. Menyusul PDIP ada partai Golkar dengan elektabilitas 11,2 persen.  

Baca Juga : Dilantik, Ketua PKS Surabaya Johari Mustawan Targetkan 15 Persen Suara

Di posisi ketiga ada Gerindra 10,9 persen, disusul PKB 8,0 persen Demokrat 6,0 persen, PKS 5,8 persen, NasDem 5,4 persen, PAN 5,1 persen, dan PPP 4,3 persen.

Untuk diketahui, survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden di berbagai wilayah Indonesia. Responden ini dipilih dengan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020 lalu.  


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni