Tips Atasi Ancaman Air Hujan agar Ikan Koi Tidak Stres dan Mati | Tulungagung TIMES

Tips Atasi Ancaman Air Hujan agar Ikan Koi Tidak Stres dan Mati

Feb 17, 2021 21:52
Ikan koi di kolam.
Ikan koi di kolam.

TULUNGAGUNGTIMES - Pembudidayaan Ikan koi di Tulungagung semakin menjamur seiring murahnya komoditas ikan gurami. Selain harga tetap stabil, ikan koi juga lebih mudah dibudidayakan dan lebih cepat dirasakan hasilnya.

Namun, para pembudidaya baru harus hati-hati untuk memperlakukan hewan air yang cantik dan berwarna indah tersebut. "Apalagi ini musim hujan. Harus benar-benar perhatian pada kolam," kata Mahmud, salah satu pembudidaya ikan koi yang sudah lebih dari lima tahun menekuni usaha ini.

Baca Juga : Kominfo dan LPPL ATV Terbaik Kompetisi Inovasi Publik di Kota Batu

Salah satu yang kini menjadi ancaman adalah air hujan. Air yang turun dari langit ini, menurut Mahmud, bisa membawa penyakit dan mengakibatkan kelembaban kolam naik turun secara drastis.  "Air hujan bisa menyebabkan ikan koi stres dan mati secara masal," ujarnya. 

Namun, jangan khawatir. Bahaya air hujan bisa dihindari dengan terus mengairi kolam (gerojok). "Jika kolam kecil, bisa digunakan filter. Namun jika kolam besar dan dari terpal, cukup digerojok," kata Mahmud, Rabu (17/02/2021). 

Jika penggantian air di kolam koi belum cukup memadai, langkah yang bisa dilakukan adalah lebih sering mengganti air. "Caranya, ganti separo volume air dengan air baru. Sedot air yang bawah dan tambah air bagian atas. Ini akan mencegah kematian ikan," jelasnya.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah  memasukkan pecahan koral dan batu kapur ke dalam kolam. Juga dapat dilakukan dengan menggunakan larutan kalium hidroksida atau KOH seperti larutan KOH untuk media hidroponik secara sedikit demi sedikit sampai pH (derajat keasaman) air kolam bisa sesuai.

Baca Juga : Marak Chikungunya, Pemkot Kediri Aktif Fogging, Warga Diimbau Waspada

"Jika masih memungkinkan, memakai pelepah daun pisang yang dipotong kecil kecil untuk menaikkan kadar keasaman larutan air. Itu juga bisa mengatasinya," pungkasnya.

 

Topik
budidaya ikan koi Tips pelihara ikan koi berita tulungagung

Berita Lainnya