Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Puskesmas dan Pemdes Wates Dirikan Posko Penanganan Korban Keracunan

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Jan - 2021, 13:26

Kepala Puskesmas Bendilwungu saat kunjungi korban diduga keracunan di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Kepala Puskesmas Bendilwungu saat kunjungi korban diduga keracunan di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Pasca melakukan kunjungan ke warga yang diduga menjadi korban keracunan di Desa Wates Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, pihak Puskesmas Bendilwungu dan Pemerintah Desa Wates mengambil langkah cepat dan sigap.

Disampaikan kepala Puskesmas Bendilwungu Sigit Jaka Purnama yang memimpin langsung kunjungan dan observasi ke rumah warga korban keracunan, ia menegaskan akan mendirikan Posko penanganan di Pusat Kesehatan Terpadu (Pustu) desa setempat.

Baca Juga : Dua Pemancing Tenggelam di Sungai Mendiro Diketemukan

"Kita langsung dirikan Posko penanganan korban diduga keracunan ini, pertama bertempat di Pustu Desa Wates dan jika selesai jam kerja warga bisa ditangani di rumah petugas kami yaitu Ibu Bidan Winarsih yang kebetulan rumahnya juga di Desa Wates," kata Sigit Jaka, Selasa (26/01/2021) di lokasi.

Sigit meminta kepada warga melalui pemerintah Desa Wates untuk mendatangi posko jika ada keluhan akibat keracunan pasca makan nasi berkat.

"Bagi warga yang mengalami gejala keracunan diduga akibat memakan nasi berkat kami persilakan ke Posko, kita akan berikan penanganan dan obat yang kami berikan gratis. Jika nanti posko tutup, sore atau malam hari ada yang mengalami gejala yang sama dengan keracunan ini masih kita siapkan pelayanan di rumah petugas kami di desa Wates ini," ujarnya.

Sementara itu, Rhudianto Kepala Desa Wates juga menyampaikan pada seluruh warganya yang mengalami gejala keracunan diduga makan nasi berkat agar memanfaatkan posko penangangan ini dengan baik.

"Kita sampaikan kepada seluruh warga korban keracunan melalui ketua RT jika masih ada gejala untuk datang ke posko," jelas Rudi.

Baca Juga : Foto SBY "Jualan" Nasi Goreng Sempat Bikin Heboh, Ternyata Ini Faktanya

Kepala Desa Wates berharap, warga yang mengalami keracunan dapat segera ditangani dan tidak sampai menimbulkan akibat yang fatal dari kejadian ini.

"Apalagi ini memasuki hari ketiga pasca makan nasi berkat, jadi semoga warga kami tinggal penyembuhan saja. Namun, jika memang sudah diobati namun belum reda maka kita siapkan Posko penanganan korban keracunan ini agar dimanfaatkan maksimal oleh warga," pungkasnya. 

 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni