Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

10.240 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Malang

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : A Yahya

25 - Jan - 2021, 19:34

Potret pemindahan Vaksin Covid-19 ke tempat khusus di Ruang Vaksin Dinkes Kota Malang, Senin (25/1/2021) sore. (Foto: Istimewa).
Potret pemindahan Vaksin Covid-19 ke tempat khusus di Ruang Vaksin Dinkes Kota Malang, Senin (25/1/2021) sore. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Vaksin Sinovac telah datang ke Kota Malang, Senin (25/1/2021), sekitar pukul 18.00. Sinovac sebanyak 10.240 dosis vaksin Covid-19 ini datang dari Surabaya langsung menuju ke kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang. Rencananya, vaksin ini akan digunakan pada awal Februari 2021 nanti.

"Betul, hari ini pengiriman vaksin Covid-19 ke Kota Malang sudah tiba. Jumlah yang dikirimkan sebanyak 10.240 dosis vaksin," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni.

Baca Juga : Kandungan Kunyit Putih Dipercaya sebagai Obat Batuk Mujarab

Ia menjelaskan, pengiriman vaksin Covid-19 tersebut dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bertahap ke wilayah di Malang Raya. Sebelum ke kantor Dinkes Kota Malang, tim pengirim vaksin sudah lebih dahulu ke Kota Batu. "Dari informasi, pengirim vaksin sudah berangkat pukul 14.00 WIB dari Surabaya. Informasinya tadi menuju ke Batu dulu, baru ke Kota Malang," imbuhnya.

Perempuan yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Malang ini mengungkapkan, Vaksin Scinovac tersebut disimpanm di 4 lemari pendingin khusus di ruang Vaksin Dinkes Kota Malang.

"Vaksin Covid-19 kami tempatkan di ruang penyimpanan suhu dingin (cold storage) yang berada di Ruangan Vaksin Dinas Kesehatan Kota Malang. Ada 4 lemari es, kapasitasnya ada yang bisa menampung 3500 ada yang 3000," jelasnya.

Lebih jauh, pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas kepolisian dari Polresta Malang Kota. Hal itu terkait dengan sistem pengamanan di sekitar area penyimpanan vaksin Covid-19. "Kami juga melakukan koordinasi dengan Polresta Malang Kota. Ini untuk pengamanan di sekitar lokasi penyimpanan vaksin Covid-19," katanya.

Sementara itu, jadwal pasti tanggal dimulainya vaksinasi di Kota Malang masih menunggu instruksi dari Provinsi Jawa Timur. Nantinya, akan ada 10 pejabat publik, tokoh-tokoh masyarakat hingga influencer yang akan mengawali vaksinasi.

Baca Juga : Puskesmas dan Puluhan Faskes Lainnya Siap Jadi Lokasi Vaksin Covid-19 di Kota Malang

Setelahnya, vaksinasi akan dilanjutkan kepada para tenaga kesehatan (Nakes) yang tersebar di berbagai fasilitas kesehatan di Kota Malang. Di mana,  tahap awal ini data terbaru dari Dinkes Kota Malang ada sekitar 10.000 sasaran untukTenaga Kesehatan (Nakes) yang akan divaksin.

"Data Nakes kita terakhir hingga Minggu kemarin (24/1/2021) yang sudah terdaftar di sistem aplikasi SDMK Kementerian Kesehatan itu 13.310, dengan sasaran adalah 10 ribu," tandasnya.

Di samping itu, proses pendataan untuk penerima vaksin juga terus dilakukan bagi pejabat pelayanan publik, hingga kepada warga di Kota Malang.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

A Yahya