DPMD Tulungagung Mulai Kucurkan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa | Tulungagung TIMES

DPMD Tulungagung Mulai Kucurkan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Jan 22, 2021 19:49
Penyaluran BLT-DD Simbolis di Desa Jatidowo Rejotangan (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)
Penyaluran BLT-DD Simbolis di Desa Jatidowo Rejotangan (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1 sudah mulai disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak 15 Januari 2021 lalu. Bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin non PKH, BPNT, Kartu pra kerja, BST dan bansos pemerintah lainnya ini, secara simbolis diserahkan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Desa Plandaan, Kecamatan Kedungwaru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemerintah Kabupaten Tulungagung, melalui Kabid  Perencanaan dan Pembangunan Desa, Anasrudin mengatakan, dana BLT-DD bulan Januari dan DD Tahap 1 sudah masuk ke rekening kas desa apada Jum’at  (22/01/2021). Pada tahap awal tersalurkan di 230 desa. Sisanya sebanyak 27 desa masih dalam proses pengajuan di KPPN Blitar melalui aplikasi OMSPAN, dan ditargetkan masuk ke Rekening Kas Desa pada minggu ke 4  bulan Januari.

Baca Juga : Pemkab Pamekasan Segera Realisasikan Bantuan Makanan Bagi Lansia, 4 Miliar Disiapkan

"Direncanakan akhir Januari sudah tersalur di semua desa," kata Anas saat dikonfirmasi, Jum'at (22/01/2021).

Dijelaskan Anas, tahun 2021 pagu DD sebesar Rp 237.606.485.000 terbagi oleh 257 desa di 18 Kecamatan. Sedangkan jumlah KPM BLT-DD sebanyak 15.000 KK (Kepala Keluarga) senilai dengan Rp 55.800.000.000.

Prioritas penggunaan Dana Desa 2021, lanjutnya, sebagaimana diatur dalam Permendesa 13 Tahun 2020 adalah untuk terwujudnya 18  SDGs Desa. Di antaranya Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, sehingga pemberian BLT DD ini adalah realisasinya.

Menurut Anas, validasi penentuan KPM BLT-DD dilaksanakan melalui Musyawarah Desa Khusus yang hasilnya ditetapkan dengan peraturan Kepala Desa.

Saat ini, lanjutnya, DPMD Tulungagung telah menerapkan Gertak APBDesa (Gerakan Serentak Penyusunan APBDesa) yang bekerja sama dengan tim evaluasi APBDesa Kecamatan dan Pendamping Desa.

Baca Juga : Komisi C DPRD Tulungagung Sidak Aset Pemkab Bermasalah

"Gertak APBDesa bertujuan untuk meningkatkan kecepatan penyaluran BLT-DD, dengan dicairkan lebih awal KPM bisa menggunakan bantuan itu saat membutuhkant," tutupnya.

Diketahui penyaluran BLT-DD secara simbolis di Desa Jatidowo dan Buntaran Kecamatan Rejotangan Senin (18/01/2021) lalu, dilakukan oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur, Mohamad Yasin. Hadir juga Kepala DPMD Tulungagung, Camat Rejotangan, KPPN Blitar, dan Pendamping desa.

Topik
berita tulungagung DPMD Kabupaten Tulungagung bantuan tunai dana desa

Berita Lainnya