11 Desa di Kabupaten Blitar Siap Jadi Desa Wisata | Tulungagung TIMES

11 Desa di Kabupaten Blitar Siap Jadi Desa Wisata

Jan 20, 2021 19:49
Pantai Serang, salah satu wisata pantai di Kabupaten Blitar.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)
Pantai Serang, salah satu wisata pantai di Kabupaten Blitar.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Sebanyak 11 desa di Kabupaten Blitar dikembangkan menjadi desa wisata karena memiliki potensi. selain itu dinilai memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan pemerintah. Rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar akan menetapkan 11 desa itu sebagai desa wisata pada tahun ini. 

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar Arinal Huda mengatakan, sebelumnya di Kabupaten Blitar sudah ada 3 desa yang mendapat surat keputusan (SK) Bupati Blitar menjadi desa wisata. 

Baca Juga : Jalar Alternatif "Jowin" Tawarkan Peluang Ekonomi Baru bagi Masyarakat

Ketiga desa itu masing-masing desa wisata Karangsono di Kecamatan Kanigoro sebagai desa wisata kategori rintisan, desa wisata Serang di Kecamatan Panggungrejo sebagai desa wisata kategori berkembang dan desa wisata Semen di Kecamatan Gandusari sebagai desa wisata kategori maju. 

“11 desa itu akan menyusul 3 desa yang sudah ditetapkan sebagai desa wisata. 11 desa itu akan ditetapkan sebagai desa wisata baru di Kabupaten Blitar,” ungkap Huda. 

Dikatakannya, 11 desa wisata yang saat ini sedang proses penetapan SK Bupati diantaranya Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Ringinrejo Kebonagung, dan Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto. 

“Diperkirakan pada bulan ini SK Bupati untuk 11 desa itu sudah terbit,” terangnya.

Lebih lanjut Huda menyampaikan, selain beberapa desa wisata itu, ada juga 16 potensi desa wisata yang belum memenuhi indikator yang ditentukan. Sehingga secara potensi, baik yang sudah mendapat SK maupun belum ada sekitar 30 desa wisata. 

Baca Juga : Rindangnya Pohon Jati, Wisata Batu Jati Mas Cocok Buat Wisata Keluarga

“Sebuah desa dikatakan menjadi desa wisata jika memenuhi lima indikator. Yaitu, daya tarik, akses sibilitas, amenitas, SDM, dan promosi. Sebagian besar desa di Kabupaten Blitar sebenarnya mempunyai potensi, namun belum tergarap maksimal,” pungkasnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Desa Wisata desa wisata kabupaten blitar 11 desa wisata baru indikator desa wisata berita wisata kabupaten blitar

Berita Lainnya