Tumbuhkan Budaya Literasi bagi Siswa, SMPN 3 Tulungagung Gelar Pelatihan Menulis | Tulungagung TIMES

Tumbuhkan Budaya Literasi bagi Siswa, SMPN 3 Tulungagung Gelar Pelatihan Menulis

Jan 19, 2021 17:23
Peserta belajar menulis dan Irma Dhevinta Cahyani siswi penulis Novel bersama Heni Hendarto Kepala SMPN 03 Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Peserta belajar menulis dan Irma Dhevinta Cahyani siswi penulis Novel bersama Heni Hendarto Kepala SMPN 03 Tulungagung / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

TULUNGAGUNGTIMES -  Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bagi siswa SMP Negeri 03 Tulungagung digelar, Selasa (19/01/2021). Tujuannya untuk pengembangan bakat baca dan tulis yang  dituangkan dalam sebuah cerita dan  hasilnya dibukukan menjadi sebuah karya bersama. "Untuk terus mendorong keberlangsungan pembelajaran, di antaranya dengan melakukan penguatan literasi agar siswa yang berbakat menulis dapat terus mengekspresikannya dalam sebuah karya," ucap Heni, Selasa (19/01/2021).

Bagi siswa pemula, kegiatan literasi ini juga menjadi ajang belajar karena saat pelaksanaan diberikan berbagai materi dasar hingga praktek menulis yang baik dan benar.

Baca Juga : Unisma Siap Turun Tangan dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Kawasan Timur Kota Malang

Materi yang diberikan, di antaranya adalah  menulis sebagai budaya literasi, teknik dasar menulis (materi kepenulisan), buku sebagai hasil karya menulis, dan praktik menulis.

"Siswi kami ada yang telah berhasil menerbitkan karya tulisnya dalam bentuk novel. Hingga saat ini sudah ada dua judul novel yang terbit, ini adalah luar biasa karena menulis ini dibutuhkan ketrampilan dan ide-ide, bukan sekedar merangkai kata dan huruf-huruf saja," ujar Heni.

Siswi SMP Negeri 3 Tulungagung yang telah berhasil menerbitkan novel ber-ISBN  dan masuk rekor muri nomor urut 692 itu diketahui bernama Irma Dhevinta Cahyani dan kini duduk di kelas IX.

Dalam kegiatan literasi yang dilaksanakan untuk siswa SMP Negeri 3 Tulungagung ini juga dihadirkan seorang nara sumber yang mumpuni di bidangnya yaitu Sri Rahayu MPd, Pegiat Literasi, untuk membimbing peserta literasi.

Baca Juga : Tingkatkan Edukasi, SDN Bunulrejo 6 Sulap Lahan Kosong Jadi Taman Belajar Buah-Buahan

Heni berharap, kegiatan ini dapat berjalan rutin dan kelak banyak siswa dari sekolah ini dapat mengikuti jejak Irma dalam menerbitkan karya tulis meski tidak harus berupa novel.

Topik
berita tulungagung smpn 3 tulungagung

Berita Lainnya