Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Buntut Kerumunan Rekrutmen Karyawan, Bupati Tulungagung Panggil Manajemen BCA

Penulis : Joko Pramono - Editor : A Yahya

19 - Jan - 2021, 17:02

Perwakilan Bank BCA saat penuhi panggilan Ketua Satgas Penanganan Covud-19 Tulungagung (ist)
Perwakilan Bank BCA saat penuhi panggilan Ketua Satgas Penanganan Covud-19 Tulungagung (ist)

TULUNGAGUNGTIMES - Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung memanggil manajemen BCA Cabang Tulungagung, pasca adanya kerumunan rekrutmen karyawan baru pada Senin (18/1/21) kemarin. Pemanggilan ini untuk mengklarifikasi adanya kerumunan yang timbul akibat rekrutmen tersebut.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Maryoto Birowo yang menemui langsung perwakilan Bank BCA mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah meminta pihak Bank BCA untuk membubarkan kerumunan via telepon, namun tidak ada respons.

Baca Juga : Beredar Gambar dan Judul Berita JatimTIMES Diplesetkan, ini Faktanya!

Malah pihak BCA meminta surat dinas alasan pembubaran kerumunan tersebut. “Saya telepon enggak datang minta dinas, kalau dinas saya surati ,” kata Maryoto, Selasa (19/1/21).

Kedatangan Bank BCA juga untuk menjelaskan duduk perkara terjadinya kerumunan pada rekrutmen karyawan baru tersebut.

Rekrutmen ini membutuhkan 10 karyawan, namun di luar dugaan jumlah orang yang datang mencapai ratusan, sehingga menimbulkan kerumunan dan kemacetan di Jalan Diponegoro.

“Kita ini koordinasi, saya (Bupati) mempunyai kewenangan dari pemerintah pusat sebagai ketua satgas Penanganan Covid-19 untuk menata situasi lapangan yang ada,” kata Maryoto dengan mimik geram.

Kegeraman Maryoto lantaran ada perintah untuk menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) dalam menekan penyebaran covid-19.

Dalam kegiatan rekrutmen itu terjadi kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan dengan tidak menjaga jarak. “Makanya saya tegur, Anda di sini masuk dalam wilayah Tulungagung, kepalamu (kepala cabang) jangan sulit-sulit,” tegas Maryoto.

Maryoto melanjutkan, pihak BCA sudah menyadari kesalahannya dan meminta maaf. Disinggung sanksi yang bakal diberikan, pihaknya masih memberikan teguran keras. Namun jika masih diulangi, pihaknya tak segan memberikan sanksi tegas.

“Langsung saya denda, kedua saya laporkan ke pusatnya sana,” ujarnya.

Baca Juga : Jejak Harimau Jawa di Tulungagung Diragukan, Ini Dugaan Kades Nyawangan

Sementara itu salah satu perwakilan Bank BCA yang datang, Tony Kalay saat dikonfirmasi membenarkan pemanggilan ini. “Kita dipanggil Bupati dan kita penuhi panggilan itu,” ujar Tony.

Disinggung apakah akan memakai metode lain, seperti cara online dalam rekrutmen pasca dibubarkan Satgas Penanganan Covid-19, Tony enggan berkomentar.

Tony datang bersama 2 perwakilan lainnya dengan sebuah mobil hitam. Perwakilan ini tiba sekitar pukul 09.00 pagi, dan meninggalkan pendopo sekitar pukul 09.30.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung membubarkan kerumunan di bank BCA di Jalan Diponegoro, Senin (18/1/21) pagi. Pembubaran dilakukan lantaran kerumunan sudah tak terkendali, dan membuat jalan di sekitarnya macet.

Kerumunan ini dikarenakan pihak BCA mengadakan rekrutmen karyawan baru. Kerumunan merupakan masyarakat yang mengembalikan formulir lamaran. Dari kerumunan itu sampai mengakibatkan kemacetan di Jalan Diponegoro yang merupakan wilayah CBD (Central Bussines Distric). Setelah didatangi oleh petugas, pihak BCA langsung membatalkan kegiatan tersebut.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

A Yahya