Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dicanangkan Wapres RI, Program Gedor Pasen di Kota Kediri Jadi Program Nasional

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

18 - Jan - 2021, 20:16

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengikuti Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen secara virtual, Senin (18/1) bertempat di Command Center Balaikota Kediri. (Foto: Ist)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengikuti Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen secara virtual, Senin (18/1) bertempat di Command Center Balaikota Kediri. (Foto: Ist)

KEDIRITIMES - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengikuti Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen secara virtual, Senin (18/1/2021) bertempat di Command Center Balaikota Kediri. Gerakan nasional pendonor plasma ini dicanangkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menjelaskan, transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis. Untuk donor plasma konvalesen dapat dilakukan melalui Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI). 

Baca Juga : Datangi Kantor PMI Kota Kediri, Mas Abu Pastikan Kesiapan Donor Plasma Konvalesen

"Gerakan ini diharapkan menggugah empati dan memotivasi para penyintas Covid-19 agar berkontribusi sukarela mendonasikan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Sebelum pencanangan gerakan nasional pendonor plasma konvalesen, Wali Kota Kediri telah berinisiatif membuat Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). 

Wali Kota Kediri telah berdiskusi dengan perwakilan penyintas covid-19 untuk mengikuti Gedor Pasen. Bahkan Wali Kota Kediri juga memastikan kesiapan PMI untuk pelaksanaan donor plasma konvalesen.

Untuk menyukseskan Gedor Pasen, Wali Kota Kediri menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan pendataan penyintas covid. Serta PMI Kota Kediri untuk jemput bola melakukan screening calon pendonor plasma konvalesen. 

Hasilnya, sejauh ini dari seleksi yang dilakukan sejak september 2020, dengan mewawancarai lebih dari 50 penyintas Covid-19 telah ditemukan satu orang yang memenuhi kriteria.

 

 

 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana