Sekda Trenggalek saat ikut resmikan Kampung Tangguh Semeru
Sekda Trenggalek saat ikut resmikan Kampung Tangguh Semeru

TRENGGALEKTIMES - Pada hari ini, Rabu (13/1/2021) program vaksinasi Covid-19 di Indonesia dimulai. Sekretariat Daerah (sekda) Kabupaten Trenggalek Joko Irianto pun mengajak masyarakat ikut menyukseskan program pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan Joko saat ikut meresmikan Kampung Tangguh Semeru Desa Sambirejo, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek, bersama tiga pilar. Menurutnya, program vaksinasi dilakukan untuk memberikan perlindungan masyarakat terhadap Covid-19.

Baca Juga : Bantuan Sembako untuk Warga Isolasi Covid-19 di Kota Kediri Masih Berlanjut

"Kapan wabah ini akan berakhir bila masyarakat tidak mau divaksin. Tujuan pemerintah memberikan vaksin Covid agar warga masyarakat terlindungi dari wabah Covid-19," ujar Joko, Rabu (13/1/2021).

Joko menerangkan, bahwa vaksin adalah virus yang sudah dilemahkan. Bila vaksin sudah masuk ke tubuh seseorang, diharapkan bisa membentuk antibodi yang dapat menangkal serangan virus. Dengan demikian masyarakat akan kebal dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.  

"Sebenarnya saya takut disuntik, namun bila harus disuntik vaksin saya bersedia. Saya harap beberapa pejabat lain juga bisa menjadi contoh, sehingga masyarakat juga mau ikut menyukseskan program ini. Dengan begitu pandemi bisa segera berakhir," tegasnya.

Joko juga tidak segan-segan berbagi pengalaman selama dirinya terpapar Covid-19. Menurut pihaknya gejala yang dialami seperti terserang penyakit malaria. Nafsu makan hilang dan indra perasa lemah dan demam.

Baca Juga : Tahap Awal, Kota Surabaya dapat Jatah 33 Ribu Vaksin

"Upayanya ya terus makan, meskipun tidak berselera. Tetap makan makanan yang berkualitas. Kalau tidak nafsu, paksa terus makan suplemen atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh," pungkas mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini.