Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Waspada! Grup WhatsApp Disebut Bisa Diakses Siapa pun lewat Google Search

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

12 - Jan - 2021, 10:22

Grup WhatsApp  (Foto:  Journal Kata)
Grup WhatsApp (Foto: Journal Kata)

Aplikasi chatting WhatsApp (WA) belakang ini memang menjadi sorotan setelah mengeluarkan kebijakan baru yang dinilai membuat resah para penggunanya. Kebijakan tersebut  adalah pengguna  WA harus menyambungkan data ke Facebook.  Jika tidak, pengguna akan diberi pilihan untuk menghapus WA.  

Berbagai dugaan bahaya dalam penggunaan WA pun kini mulai bermunculan.  Salah satunya WhatsApp kembali menerima dugaan bahwa layanan mereka tidak aman.  

Baca Juga : Telegram Trending sejak Muncul Kebijakan Baru WhastApp, Berikut Deretan Kelebihannya

 

Hal ini berkaitan dengan ditemukannya beragam link atau tautan untuk masuk ke grup WhatsApp bisa muncul di Google Search.  

Dilansir melalui The Indian Express melalui laporan terbaru yang dilakukan peneliti keamanan internet Rajshekhar Rajaharia (@rajaharia),  ditunjukkan grup WhatsApp yang menggunakan tautan untuk memungkinkan pengguna masuk rentan untuk ditemukan online.

Dengan ini, secara teoritis akan memungkinkan siapa saja untuk bergabung dengan grup WA. Bahkan Indian Express telah memverifikasi kerentanan dan dapat mengonfirmasi bahwa beberapa grup WhatsApp dapat bergabung dari web.

Dengan mengaktifkan WhatsApp Group Chats di indeks, hal ini memungkinkan bahwa setiap orang bisa bergabung dengan mereka. Lalu orang tak dikenal pun bisa menemukan nomor telepon bersama dengan gambar profil.

Sebagai informasi, hal ini pertama kali ditemukan oleh jurnalis DW, Jordan Wildon.

 

 

Wildon melaporkannya cuitan di akun Twitternya.  

Baca Juga : Per Hari Ini, Pengguna WhastApp Wajib Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun

 

Selain itu, teknisi dari App Reverse bernama Jane Machum Wong juga melaporkan hal serupa.  

Ia bahkan telah menemukan 470.000 hasil pencarian berisi tautan grup WhatsApp. Pencarian ini dilakukan dengan mudah lewat kata kunci "site:chat. whatsapp.com".

 

 


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy