Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Dua Pekan Beroperasi, 158 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Lapangan

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Dede Nana

28 - Dec - 2020, 17:07

Ruang IGD di RS Lapangan Idjen Boulevard Polkesma. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Ruang IGD di RS Lapangan Idjen Boulevard Polkesma. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Sudah dua pekan beroperasi sejak diresmikan pada 16 Desember 2020 lalu, RS Darurat atau RS Lapangan Idjen Boulevard Politeknik Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma) telah menampung 158 pasien Covid-19.

Kepala RS Lapangan Idjen Boulevard Polkesma, dr Heri Sutanto mengungkapkan, dari jumlah tersebut yang masih dalam perawatan tercatat sejumlah 107 pasien. Sedangkan sisanya, ada yang telah dipulangkan karena sembuh ataupun pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 karena kondisi gejala tubuh yang berat.

Dua-Pekan-Beroperasi-158-Pasien-Covid-19-Dirawat-di-RS-Lapangan-jatim-015a6fc14cf7377a08.png

Baca Juga : 20 PKL Alun-Alun Kota Batu Dinyatakan Reaktif, Diminta Isolasi 14 Hari

 

"Total pasien yang sudah masuk itu 158, saat ini yang dirawat 107. Kemana sisanya?, pulang sudah sembuh 36 orang, ada yang dirujuk karena kondisi memberat 8 orang, ada yang isolasi mandiri berlanjut di rumah sejumlah 7 orang," ujarnya, saat dihubungi Senin (28/12/2020).

Sejumlah 158 pasien ini, yang paling banyak mendominasi merupakan warga yang berdomisili dari Kota Malang, yakni 116 orang. Sedangkan tercatat untuk wilayah lainnya, di antaranya pasien dari Kabupaten Malang sejumlah 15 orang, Sidoarjo ada 3 orang, Blitar sebanyak 3 orang.

Kemudian, yang berasal dari Bogor, Kediri, Depok dan Jember masing-masing berjumlah 2 orang. Lalu, juga ada yang berasal dari Tarakan, Batam, dan Samarinda masing-masing berjumlah 1 orang.

Heri menambahkan, jumlah kuota untuk bed pasien saat ini telah ditambah hingga mampu menampung 174 orang. Jumlah ini masih akan ditambah hingga kapasitas maksimal 306, sebagai antisipasi lonjakan kasus Covid-19 di libur akhir tahun 2020 ini.

"Kita bersiap untuk memaksimalkan, mengoptimalkan daya tampung kita maksimal 306, termasuk alat kesehatan juga kita tambah terus," jelasnya.

Beberapa fasilitas kebutuhan kesehatan yang akan ditambahkan, diantaranya untuk mengoptimalkan ruang Hi Care Unit, dan juga alat pernapasan.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Meningkat, Kabupaten Kediri Kekurangan Tenaga Medis

 

"Kita kan sudah punya ruangan Hi Care Unit, di ruangan tersebut memerlukan banyak monitor, lalu alat pernapasan. Kita siapkan di situ jika sewaktu-waktu dibutuhkan," tandasnya.

Sebagai informasi, keberadaan RS Lapangan Idjen Boulevard Polkesma ini untuk menampung pasien Covid-19 dengan kategori tanpa gejala, gejala ringan hingga gejala sedang.

RS Lapangan tersebut juga dilengkapi fasilitas kesehatan dan sarana prasarana penunjang hiburan lainnya. Di antaranya, IGD, Hi Care Unit, Ruang Kontrol full sistem CCTV, area jogging track, tempat olahraga ringan termasuk disediakan sepeda statis, area gym seperti treadmill, taman, area karaoke, hingga cafe 24 jam.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Dede Nana