Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Ruang Isolasi Overload, Pemkab Kediri Sewa Rumah Sakit Swasta

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

26 - Dec - 2020, 21:14

Foto : ilustrasi
Foto : ilustrasi

Seiring merebaknya pasien Covid-19 di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kediri alami overload.

Sebenarnya, ada tiga Rumah Sakit (RS) yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri untuk dijadikan tempat rujukan dan menjadi ruang isolasi perawatan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga rumah sakit tersebut diantaranya RSUD Kabupaten Kediri (RSKK), RSUD Simpang Lima Gumul (SLG) dan RS HVA Toeloengredjo Pare.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Meningkat, Gubernur Khofifah Tambah 18 RS Rujukan Baru dan RS Darurat

Namun, tiga rumah sakit yang menjadi tempat rujukan tersebut kini mengalami overload atau telah menampung hampir kurang lebih 90 persen pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Dilatarbelakangi perihal itu, membuat Pemkab Kediri merencanakan untuk melakukan sewa terhadap rumah sakit lain yang ada di kawasan Kabupaten Kediri dan rumah sakit tersebut ialah Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pare Kediri.

Seperti yang diutarakan oleh Dr Chotib selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri, kebijakan itu diambil lantaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kediri terus mengalami lonjakan. Dengan opsi rencana penyewaan itu, merupakan upaya Pemkab Kediri dalam menampung pasien Covid-19 yang terpapar.

"Sejauh ini kerjasama sewa itu masih dalam proses komunikasi dengan RSIA. Sedangkan terkait anggaran sendiri masih dalam tahap telaah," katanya kepada Jatim Times.com, melalui telepon, Sabtu (26/12/2020).

Lanjutnya, berdasarkan kalkulasi yang telah dilakukan, RSIA diperkirakan akan mampu menampung 100 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, pihaknya juga masih belum bisa menjawab, jika proses sewa itu nantinya akan berlangsung dengan jangka waktu berapa lama.

"Semua pada intinya masih dalam proses telaah. Doakan semoga niat yang baik ini dapat segera terselesaikan dengan tepat," ungkapnya.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Kota Batu Terus Bertambah, Terbanyak ada di Desa Junrejo

Dr Chotib juga menyampaikan, jika selama ini Pemkab Kediri telah menjalin kerjasama dengan 9 rumah sakit swasta di Kabupaten Kediri termasuk Aura Syifa dan rumah sakit Muhammadiyah Siti Khodijah dengan mekanisme jejaring pelayanan. 

"Namun karena 9 rumah sakit ini hanya mampu menampung kurang lebih 26 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saja. Sehingga kami berencana untuk melakukan sewa di RSIA itu," jelasnya.

 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana