Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Liputan Khusus Deretan Topik Trending Tahun 2020 (4)

Bintang Emon Kalahkan Najwa Shihab dan Artis Korea

Penulis : Desi Kris - Editor : Dede Nana

23 - Dec - 2020, 11:18

Bintang Emon (Foto: IG bintangemon)
Bintang Emon (Foto: IG bintangemon)

Setiap akhir tahun, Google selalu merilis topik apa saja yang trending dan sering dicari di kolom pencarian bertajuk. Mendekati tahun 2021, Google juga merilis topik populer tahun 2020 bertajuk "Google Year in Search 2020".

Perilisan topik populer ini digelar secara virtual dan dihadiri oleh deretan sosok yang masuk dalam daftar pencarian populer. Salah satu sosok yang cukup mencuri perhatian ialah komika muda Bintang Emon.

Baca Juga : Ada yang Ingin Menggugat PDAM, Ada Juga yang Membela

Jelang pertengahan bulan ini, nama Bintang Emon kembali merajai trending topic di Twitter.

Hal ini lantaran Bintang Emon berada di posisi pertama mesin pencarian Google dalam kategori "siapa".

Menariknya, komika 24 tahun ini berhasil mengalahkan Najwa Shihab dan artis-artis Korea Selatan.

Lantas siapa saja lima sosok paling dicari dalam mesin pencarian Google 2020?

1. Bintang Emon

Laporkan Bintang Emon, PSI Klarifikasi Keanggotaan Charlie Wijaya - Kabar24  Bisnis.com
Foto: Ig bintangemon

Nama Bintang Emon sempat mencuri perhatian publik pada pertengahan Juni 2020 lalu. Pasalnya, unggahan Bintang Emon di media sosial kerap menyampaikan video sindiran dan aksi kocak hingga namanya kerap diperbincangkan. Video-video itu mengantarkan Bintang Emon sebagai salah satu tokoh paling dicari di Google selama tahun 2020.  

"Itu karena saya bikin banyak akun, terus cari nama sendiri. Jadi, Bintang Emon itu banyak dari saya," kelakar Bintang dalam konferensi pers virtual Google Year in Search 2020.

Selain itu, Bintang Emon mengklaim  apa yang ia sampaikan di media sosial itu bisa mewakili suara-suara anak muda yang merasa tak terwakilkan.

Salah satu sindiran Bintang Emon yang mencuri perhatian ialah sindiran terhadap ketidakadilan yang terjadi atas kasus penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Setelah itu muncul oknum yang bahkan menuding Bintang Emon mengonsumsi narkoba hingga ia melakukan tes urine di Rumah Sakit Pondok Indah untuk membuktikan tudingan tersebut salah.

Bintang Emon pun mengunggah hasil negatif dari pemeriksaan urine tersebut di media sosial hingga membuat namanya kembali trending.

2. Hyun Bin

10 Drama & Film Hyun Bin yang Wajib Banget Dikepoin! - Minews ID
Foto:  Minews ID

Aktor Korea Selatan Hyun Bin menduduki posisi kedua dalam katergori "siapa" di Google 2020. Namanya mencuat dan sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia setelah sukses membintangi drama berjudul Crash Landing on You.

Dalam drama tersebut, Hyun Bin memerankan sosok Kapten Ri Jeong Hyeok yang merupakan prajurit dan anak petinggi militer di Korea Utara. Dalam karakternya, Hyun Bin dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa.

Selain itu, ia memiliki sifat yang dingin cenderung misterius.

Tak hanya kepiawaiannya dalam berakting. Ketampanan Hyun Bin juga membuat penggila drama Korea jatuh cinta pada sosoknya.

Pria 38 tahun ini mulai dikenal dalam drakor berjudul My Name is Kim Sam Soon pada tahun 2005.  Ia memulai karir pada tahun 2003 dalam drama Bodyguard.

Selain drama, pria bernama asli Kim Tae Pyeong ini juga diketahui sukses membintangi beberapa judul film layar lebar, seperti Confidential Assignment, The Swindlers, dan The Negotiation.

3. Kim Soo Hyun

Fix! Ini Drama Terbaru Kim Soo Hyun usai Vakum 5 Tahun - MataMata.com
Foto:  stagramer.com

Menyusul Hyun Bin, di posisi ketiga ada aktor Korea Kim Soo Hyun.

Tak kalah dari Hyun Bin, Kim Soo Hyun juga berhasil membuat penggemar drama Korea di Indonesia tergila-gila.

Ia sukses memerankan karakter Moon Gang-tae dalam drama berjudul It's Okay to Not Be Okay.

Dalam drama ini, ia mendapat lawan main artis cantik Seo Ye-ji.

Dalam drama ini, Kim Soo Hyun memerankan sosok  pekerja di bangsal psikiatris yang tidak percaya pada cinta.

"Moon Kang-tae merupakan karakter patah hati. Ia sama seperti orang pada umumnya, terlihat kuat di depan banyak orang. Tapi lemah kala sendirian. Ia mungkin terlihat baik-baik saja tapi sesungguhnya lelah dengan beban yang ditanggung," kata Kim Soo-hyun.

Ia memiliki karakter yang dingin lantaran memiliki luka psikologis dan emosional.

Aktingnya dalam drama tersebut rupanya sukses mencuri perhatian. Tak heran jika namanya kerap dicari oleh pengguna internet di mesin Google pencarian.

Menariknya lagi Kim Soo Hyun disebut-sebut sebagai aktor termahal di Korea saat ini.

Bayarannya untuk memerankan Moon Kang Tae di drama Its's Okay Not To Be Okey yakni USD 167.000 atau sekitar Rp 2,29 miliar  per episode.

4. Najwa Shihab

Najwa Shihab, Wanita Panutan Masa Kini | Gööp Kampus
Foto: IG najwashihab

Tokoh Indonesia selanjutnya yang masuk dalam kategori "siapa" yakni presenter cantik Najwa Shihab.

Najwa Shihab memang dikenal sebagai presenter yang cukup berani dan kritis.

Dalam acaranya bertajuk Mata Najwa, ia kerap mengundang orang-orang penting di pemerintahan maupun tokoh populer lainnya untuk menjadi narasumber.

Baca Juga : Izin Tak Ada, Proyek RSI Unisma Lancar-Lancar Saja, Kok Bisa?

Tahun 2020 ini nama Najwa Shihab memang kerap mencuri perhatian.

Salah satu momen yang berhasil menyita perhatian publik hingga namanya kerap dicari dalam mesin pencarian Google ialah saat Najwa mewawancarai kursi kosong yang diibaratkan sebagai Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (yang hari ini diganti oleh Presiden Joko Widodo dengan Budi Gunadi Sadikin).

Kala itu, Terawan Agus tidak bisa menghadiri undangan Najwa Shihab lantaran kesibukan.

Hingga akhirnya Terawan diketahui mengutus stafnya untuk mewakili dirinya.

Namun, Najwa Shihab menolak hingga akhirnya ia nekat melakukan monolog dengan kursi kosong yang seakan-akan melakukan wawancara dengan Terawan Agus.

Hingga akhirnya, nama Najwa menjadi trending topic di Twitter.

Selain itu, namanya kembali menjadi perbincangan setelah timnya berhasil mengungkap pembakaran Halte Sarinah, Jakarta.

Kala itu, Najwa dibanjiri pujian dari penggemar karena dianggap sukses cepat dalam mengungkap pelaku pembakaran halte Sarinah tersebut.

Diketahui, aksi pembakaran itu terjadi saat demo Omnibus Law UU Cipta Tenaga Kerja pada 8 Oktober 2020.

Mengejutkannya operasi penangkapan itu hanya dilakukan dalam waktu 62 menit.

Melalui sebuah video, tim Narasi TV menghebohkan dengan mengungkap sosok dalang pembakaran halte tersebut.  Video itu diunggah melalui kanal YouTube dan Instagram Narasi TV dengan judul "62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah".

Tim Narasi Tv menceritakan proses investigasi berlangsung. "Pelaku mula-mula datang dari arah Jalan Sunda secara berkelompok saat aksi mulai panas di perempatan Sarinah. Mereka sempat berfoto-foto dan melakukan pengamatan. Secara terencana, para pelaku kemudian berpencar untuk membakar Halte TransJakarta,"  tulis Narasi TV.

"Saat mahasiswa terlibat bentrokan dengan polisi di perempatan Sarinah, para pelaku sibuk melakukan perusakan halte. Mereka lantas memanfaatkan momen itu untuk melakukan perusakan lebih masif dengan sengaja menyulut api di dalam halte," kata tim Narasi TV.

Dari situ, tim Narasi TV menyimpulkan  bahwa dalang pembakaran Halte Sarinah itu bukanlah dari kalangan mahasiswa.

Tak heran jika wanita 43 tahun ini menjadi salah satu sosok paling dicari pada tahun 2020 ini.

5. George Floyd

George Floyd: What happened in the final moments of his life - BBC News
Foto: BBC News

Nama George Floyd menduduki posisi kelima dalam kategori "siapa" sosok paling dicari.

Sosok George Floyd pun membuat penasaran warganet sehingga mencari tahu melalui mesin pencarian Google.

Kematiannya membuat warganet ingin mencari tahu detail tentang sosok George Floyd.

George Floyd merupakan pria kulit hitam Amerika yang tewas dibunuh dalam penangkapan setelah diduga mengeluarkan uang kertas palsu senilai $ 20 di Minneapolis.

Diketahui, pria asal Houston ini pindah ke Minneapolis untuk bekerja sebagai tenaga keamanan di restoran milik temannya, Jovanni Thunstrom.

Video penangkapan Floyd pun sempat beredar di media sosial hingga viral.

Dalam video itu, Floyd tertelungkup di jalan dengan lutut seorang polisi menjepit lehernya. Polisi bernama Derek Chauvin itu kemudian dipecat dari kesatuannya.

Sejak itulah banyak masyarakat Amerika Serikat yang menganggap aksi tersebut sebagai tindakan rasis.

Sejumlah aksi simpatik atas meninggalnya George Floyd pun terjadi di beberapa negara. Kematian Floyd ini lantas mengingatkan pada tindakan brutal kepolisian yang kerap berdampak negatif.

Sebelum meninggal Floyd sempat mengatakan tidak bisa bernapas, namun dibiarkan hingga akhirnya meninggal dunia pada 25 Mei 2020.

 


Topik

Liputan Khusus


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Dede Nana