Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Ini 3 Perpustakaan Online Terbaik di Dunia

Penulis : Bramastyo Dhieka Anugerah - Editor : Dede Nana

07 - Dec - 2020, 16:38

Perpustakaan Online (Sumber: Facebook)
Perpustakaan Online (Sumber: Facebook)

Bahan untuk menulis karya ilmiah, tesis hingga disertasi pasti akan mengunjungi perpustakaan. Pada era New Normal seperti sekarang ini, kebutuhan akan layanan perpustakaan online yang canggih dan mudah diakses kian kentara di kalangan mahasiswa.

Kamu bisa memanfaatkan keberadaan perpustakaan online gratis yang menyediakan beragam koleksi buku, jurnal, tesis dan disertasi yang bisa kamu dijadikan referensi. 

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi, BNSP Uji 25 Peserta Digital Marketing

Caranya tidaklah sulit, kamu hanya memenuhi form maupun data yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa layanan perpustakaan online yang bisa dijadikan referensi.

1. Google Scholar

Kamu bisa menikmati layanan Google Scholar yang menyediakan berbagai referensi yang kamu butuhkan. Kamu bisa memperoleh berbagai jurnal ilmiah online dengan mudah. Tinggal lakukan pencarian pada tautan scholar.google.com, materi referensi bisa kamu peroleh.

Google Scholar diluncurkan medio tahun 2014 yang berisikan macam-macam karya penerbitan dalam berbagai format yang bisa kamu pilih sebagai referensi pustaka. Jadi,  situs ini wajib dimasukkan mahasiswa ke dalam daftar perpustakaan online terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

2. Garba Rujukan Digital

Garba Rujukan Digital (Garuda) bisa menjadi wadah mendapatkan berbagai referensi yang kamu perlukan. Awal berdirinya menggunakan bendera Indonesian Publication Index (IPI). Akan tetapi, berubah sejak April 2018  menjadi Garuda pasca diakuisisi Kemenristekdikti. Apabila penasaran bisa langsung mengakses Garuda melalui situs garuda.ristekdikti.go.id

Koleksi didalamnya tidka main-main, Garuda menyediakan lebih dari 750 ribu artikel dan 7.918 jurnal ilmiah dari berbagai bidang disiplin ilmu. Selain itu, masih ada berbagai materi konferensi dan terbitan dengan jumlah dari lebih dari 1.000 penerbit. Kamu bisa oantau Garuda untuk mengikuti update koleksi terbarunya..

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PERPUSNAS)

Baca Juga : Di Hari Guru, Dua Guru Honorer Ini Berbagi Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Perpusnas adalah  salah satu perpustakaan terbaik yang dapat kamu manfaatkan hanya sengan mengakses e-resources.perpusnas.go.id. Apabila sudah terdaftar, kamu bisa mendapatkan berbagai referensi studi atau pengerjaan tugas demi kelancaran studimu.

Kemudian, Perpusnas juga menyediakan beragam koleksi buku dan jurnal ilmiah baik lokal maupun internasional. Semua bisa diunduh secara gratis, tinggal mendaftar secara online, kamu sudah bisa mengakses lautan ilmu tanpa harus berangkat langsung ke lokasi.

Nah, barusan sudah kamu simak penjelasan seputar perpustakaan online terbaik, semoga studimu lancar dan bermanfaat untuk khalayak ramai.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bramastyo Dhieka Anugerah

Editor

Dede Nana