Indahnya teratai yang tumbuh di telaga Bedalem Tulungagung / Foto : Dias Van Dhemit / Tulungagung TIMES
Indahnya teratai yang tumbuh di telaga Bedalem Tulungagung / Foto : Dias Van Dhemit / Tulungagung TIMES

Telaga Bedalem yang terletak di Dusun Gambiran, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, di awal musim hujan ini bak ketiban keajaiban. Betapa tidak, telaga yang merupakan lahan irigasi pengairan ini begitu hijau dengan tumbuhnya teratai yang memenuhi kubangan seluas satu hektar ini.

Foto-foto indahnya telaga Bedalem ini berhasil di abadikan oleh Dias Van Dhemit, Minggu (29/11/2020) saat berkunjung ke tempat ini.

Baca Juga : Potret Desa Jomblang Magetan: Canangkan Jadi Desa Wisata Pisang Raja

Diceritakan oleh Dias, dirinya melihat kawasan ini pernah hendak dijadikan wahana wisata. Namun, rupanya masih terbengkalai, sehingga beberapa gazebo yang pernah dibuat tak terawat.

Kepala Desa Besole, Suratman saat dikonfirmasi membenarkan jika Telaga Bedalem pernah dirintis untuk wisata atas bantuan dari kementerian. Selain punya potensi wisata pertanian di Telaga Bedalem juga merupakan wisata religius. "Sudah kita bangun 8 gazebo, karena dana bertahap maka belum bisa kita lanjutkan," kata Suratman, Minggu (29/11/2020).

Karena adanya Covid-19 dan berbagai persoalan lain, Dana desa (DD) yang sedianya dialokasikan melanjutkan pembangunan ini belum dapat direalisasi. "Nanti kita bersihkan pinggir telaga dan kita beri perahu, sedangkan di tengah kita beri warung apung dan fasilitas lain," lanjutnya.

Meski belum dikenakan tarif saat masuk tempat ini, diakui Kepala Desa Besole sudah banyak warga yang sekedar mampir dan menikmati keindahan wisata. Pemandangan ini cukup membuat takjub siapa saja yang memandang.

Baca Juga : Sensasi di Tengah Kampung Karangsari, Wisata di Tulungagung Ini Serasa di Negeri Singapura

Selain wisata Telaga Bedalem, Desa Besole memiliki potensi wisata lain seperti Situs Song Gentong dan Terowongan Niyama yang dapat menjadi alternatif wisata bagi keluarga.