Apes, Pensiunan Polisi di Kediri Ditipu Tetangganya Saat Titip Sapi | Tulungagung TIMES

Apes, Pensiunan Polisi di Kediri Ditipu Tetangganya Saat Titip Sapi

Nov 24, 2020 19:20
Tersangka ketika diamankan di Mapolsek Plosoklaten. (Foto: Istimewa)
Tersangka ketika diamankan di Mapolsek Plosoklaten. (Foto: Istimewa)

Nasib apes dialami Sarman, warga Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Pria berusia 55 tahun pensiunan polisi ini menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh tetangganya sendiri, yakni Gunawan (34).

Awalnya, pada tanggal 11-07-2019, korban membeli sapi betina milik Susilo (54), warga Desa Plosokidul. Sapi tersebut dibeli dengan harga Rp 15,5 juta. Ciri-cirinya yaitu seekor sapi betina, umur kurang lebih 4 tahun, bulu warna merah, kepala ada putihnya sampai ke hidung, punggung kiri ada putihnya, tanduk caruk ke depan, ekor panjang.

Baca Juga : Polisi Akhirnya Tetapkan BS Sebagai Tersangka Pembunuhan di Suruhan Lor Bandung

Setelah itu, korban menitipkan sapi tersebut di tempat Gunawan. Tujuannya, sapi itu untuk dirawat dan dibesarkan oleh Gunawan. 

Namun sapi yang dirawat selama 17 bulan oleh Gunawan ini dijual tanpa seizin korban. Gunawan menjual sapi tersebut pada tanggal 12 November 2020.

Sadar menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh tetangganya sendiri, akhirnya Sarman melapor ke Polsek Plosoklaten. 

Kapolsek Plosoklaten Iptu Agus Sudarjanto mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti laporan dari korban. Petugas unit Reskrim Plosoklaten juga berhasil mengamankan Gunawan.

"Tersangka kami amankan. Sapi itu dijual oleh tersangka di wilayah Ngancar," ungkap Iptu Agus, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga : Kepergok Warga, Maling di Blitar Tinggalkan Kambing dan Motor di Persawahan

Dari keterangan tersangka, hasil uang penjualan sapi itu untuk makan dan minum. Selain itu, juga untuk membeli perhiasan.

"Sisa uang yang kami amankan Rp 2 juta dari hasil penjualan tersangka. Kami juga mengamankan ponsel dan perhiasan berupa kalung," jelas Iptu Agus.

Akibat dari perbuatannya, tersangka terjerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman paling lama empat tahun penjara.

Topik
Berita Kediri

Berita Lainnya