Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

100 Jukir Tulungagung Jalani Rapid Test, 2 Orang Terdeteksi Reaktif

Penulis : Joko Pramono - Editor : A Yahya

24 - Nov - 2020, 17:46

Salah satu Jukir saat menjalani rapid tes /Joko Pramono-Jatim TIMES
Salah satu Jukir saat menjalani rapid tes /Joko Pramono-Jatim TIMES

Untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 pada juru parkir (Jukir), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulungagung melakukan rapid Test kepada 100 jukir, Selasa (24/11/20). Hal itu dilakukan karena pekerjaan jukir sering bertemu dengan banyak orang. Hasilnya, dari 100 jukir yang diikutkakn Rapid Test, 2 di antaranya reaktif. 

Kabid Prasarana Dinas Perhubungan Tulungagung, Panji Putranto kepada tim liputan yang menemuinya di Dinas Perhubungan menyebutkan ada dua orang yang reaktif. “Benar ada 2 yang reaktif, langsung kami laporkan ke gugus tugas guna proses selanjutnya,” jelas Panji.

Baca Juga : Tertarik dengan Wanita Lebih Tua, Pembunuh Tetangga di Tulungagung Diduga Alami Kelainan Ini

Selanjutnya, pihaknya berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid19 Kabupaten Tulungagung untuk penanganan selanjutnya.

Pihaknya memastikan keduanya akan menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu namun jika nantinya Gugus Tugas memiliki pendapat lain karena kondisi keduanya, maka pihaknya akan mengikuti arahan gugus tugas. “Kita ikut saran gugus tugas, jika harus di-Swab ya di-Sswab, kemudian termasuk dengan isolasi dan karantinanya,” terang Panji.

Panji menjelaskan, selama ini pihaknya rutin memberikan sosialisasi kepada petugas parkir yang ada di Tulungagung, sosialisasi diberikan karena sehari hari mereka berhadapan dengan orang dari berbagai daerah dan latar belakang, oleh sebab itu penerapan protokol kesehatan menjadi hal yang utama bagi petugas parkir.

“Setiap ada Briefing pagi selalu kami berikan sosialisasi, kita berikan pemahaman apalagi mereka ini kan berhadapan dengan masyarakat dari berbagai daerah kan,” pungkasnya.

Sementara itu Jubir GTPP, Kasil Rokhmat yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung meminta agar keduanya di-Swab terlebih dahulu. “Yang 2 reaktif itu di-Swab,” ujarnya.

Baca Juga : Senin Tambah Pasien Konfirmasi Positif 7 Orang, 6 Sembuh, Kota Batu Betah di Zona Oranye

Hasil Swab baru diketahui 2 hari kemudian. Sembari menunggu hasil Swab, keduanya diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Nantinya jika hasil Swab menyatakan positif, maka akan dilakukan Tracing pada kontak erat mereka. “Seminggu terakhir ini mereka dengan siapa, ngobrol,” kata Kasil.

Dishub sendiri mempunyai sekitar 160 lebih Jukir. Dari jumlah itu, 100 di antaranya diikutkan Rapid Tesaat.

 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Joko Pramono

Editor

A Yahya