Sekda Trenggalek, Joko Irianto terima Kunjungan Pemkab Karanganyar
Sekda Trenggalek, Joko Irianto terima Kunjungan Pemkab Karanganyar

Berhasil pertahankan nilai BB pada Rapor SAKIP tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kemenpan-RB pada awal tahun 2020, jadi magnet kuat yang dimiliki Kabupaten Trenggalek.

Hal itu terbukti dengan datangnya perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah ke Trenggalek untuk mempelajari strategi dan kiat-kiat penyusunan SAKIP yang lebih akurat dan akuntabel.

Baca Juga : 250 Penyandang Disabilitas Dapatkan Pelayanan Terapi dari Dinsos-P3AP2KB

Bertempat di Gedung Smart Center, kedatangan rombongan staf Pemkab Karanganyar disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek Joko Irianto. Menurut Joko, kedatangan Pemkab Karanganyar bisa jadi media sharing dua arah.

"Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Trenggalek lebih tinggi dari pada Pemkab Karanganyar. Oleh karena itu mereka tadi mengkaji bagaimana tata cara dan tips agar bisa peroleh predikat lebih tinggi pada penganugerahan SAKIP tahun depan," terang Joko Irianto, Jumat (20/11/2020).

Di tempat yang sama, melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Kabupaten Karanganyar Siswanto, mengungkapkan, bahwa pihaknya datang ke Trenggalek untuk lakukan studi komparatif.

"Meskipun ketentuannya dari pusat sama, kita melakukan studi komparatif untuk melihat seberapa jauh yang sudah kami laksanakan. Dan ternyata di daerah lain sudah ada yang lebih dibandingkan Karanganyar," ungkap Siswanto.

Selain mengulik strategi penyusunan SAKIP, setali tiga uang Pemkab Karanganyar juga mempelajari upaya Kabupaten Trenggalek dalam menumbuhkan dan mengembangkan inovasi pelayanan publik.

Baca Juga : Jelang Pilkada Gelar Khotmil Qur'an, Plt. Bupati: Agar Kondusivitas Jember Terjaga

"Ada banyak hal yang bisa disharingkan antara Trenggalek dan Karanganyar dalam kunjungan kerja kali ini, yang tentunya dapat menjadi bekal kami untuk memperbaiki kinerja daerah," pungkas Siswanto.