Terduga Pelaku Budi Santoso di Mako Polsek Bandung Tulungagung / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES
Terduga Pelaku Budi Santoso di Mako Polsek Bandung Tulungagung / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES

Setelah ditangkap polisi, Budi Santoso (27) warga RT RT 3 RW 2 Dusun Tanggung Desa Suruhan lor, harus menjalani serangkaian penyidikan di Polsek Bandung Kabupaten Tulungagung. Pria yang berprofesi sebagai tukang giling batu itu sebelumnya ditangkap pada Jumat (20/11/2020) jam 01.30 WIB di dalam kamar rumahnya.

Rumah Budi sendiri diketahui hanya berjarak 10 meter dari rumah korban, Nikmatu Rohmah.

Baca Juga : Pulang Yasinan, Suami di Tulungagung Terkejut Lihat Istrinya Tewas Bersimbah Darah

Di depan Kapolsek Bandung AKP Alpo Gohan, Budi mengakui perbuatannya. Dirinya menghabisi Nikmatu Rohmah dengan alat seadanya yang didapat dari dalam rumah korban.

"(Membunuh) menggunakan tang, kursi dan bor (bor listrik)," jawab Budi saat dimintai keterangan Kapolsek Bandung.

Untuk melancarkan aksi, Budi juga masuk terlebih dahulu ke rumah keluarga Nuril Huda (55) saat rumah dalam keadaan kosong.

Saat mengetahui, Nuril Huda berangkat yasinan rutin dan Nikmatu Rohmah sedang sholat isya' di masjid Budi menyelinap masuk rumah untuk bersiap menunggu di dalam.

"Sepulang dari sholat Isya', pelaku langsung melakukan aksinya memukul korban dengan beberapa alat hingga meninggal dunia," ungkap Alpo Gohan, saat dikonfirmasi Jumat (20/11/2020) pagi.

Setelah membunuh, Budi langsung kembali kerumahnya untuk bersembunyi dari kejaran petugas. Namun, setelah menjalani rangkain olah TKP polisi berhasil mengidentifikasi terduga pelaku.

Alhasil, pria yang berstatus bujang ini berhasil ditangkap dari dalam kamarnya, Jumat (20/11/2020) sekitar jam 01.30 WIB (dini hari).

"Kita amankan saat pelaku berada didalam kamar rumahnya," kata Kapolsek Bandung ini.

Dari keterangan Budi ke polisi menurut Alpo, ia melakukan pembunuhan karena dendam pada keluarga Nuril Huda, suami Nikmatu Rohmah.

"Di samping rumah korban ini dulu mau dibangun jalan, karena sebagian milik tanahnya korban kemudian dibangun dan tidak jadi dibuat jalan, dia marah," kata Alpo Gohan.

Baca Juga : Kecelakaan Maut di Nguri Tulungagung Terekam CCTV, Mr X Pengendara Supra Tewas

Selain itu, Budi juga mengaku sering dikata-katai tidak enak dan dikatakan maling saat mengambil air dari masjid.

"Sebenarnya dia marah sama suaminya, namun dia lampiaskan pada istrinya yang lemah," jelasnya.

Polisi telah mengamankan Budi di Mapolsek untuk menjalani rangkaian penyidikan lebih lanjut.

Seperti diketahui, dusun Tanggung desa Suruhan lor Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung geger. Pasalnya, seorang suami yang diketahui bernama Nuril Huda saat pulang dari jamaah tahlil mendapati Istrinya terlentang bersimbah darah.

Istri Huda yang diketahui bernama Nikmatu Rohmah, ini diduga telah menjadi korban pembunuhan.

Kejadian sendiri diperkirakan pada jam 19.30 WIB, saat Huda yasinan atau tahlil di rumah tetangga dengan jarak sekitar 300 meter.

Posisi saat ditemukan, Rohmah terlentang dengan kepala di selatan dan terdapat luka di bagian kepala serta sudah dalam keadaan tidak bernyawa atau meninggal dunia.